UPNVJ Berikan Solusi bagi Warga Terdampak Covid-19 di Kabupaten Bekasi UPNVJ Berikan Solusi bagi Warga Terdampak Covid-19 di Kabupaten Bekasi
GerbangBengkulu – “Manfaat dari penerapan Urban Farming bagi penduduk di perkotaan adalah sebagai alternatif lapangan pekerjaan dan penyediaan pangan bagi penduduk terdampak Covid-19”, ucap... UPNVJ Berikan Solusi bagi Warga Terdampak Covid-19 di Kabupaten Bekasi

GerbangBengkulu – “Manfaat dari penerapan Urban Farming bagi penduduk di perkotaan adalah sebagai alternatif lapangan pekerjaan dan penyediaan pangan bagi penduduk terdampak Covid-19”, ucap Dr. Purwanto Widodo, S.Si. M.Si, dalam kegiatan yang dilaksanakan di Grand Mall, Kranji, Kota Bekasi pada hari Sabtu, 4 Juni 2022.

Menurutnya, Urban Farming dapat menjadi salah satu komponen dalam pencapaian pemenuhan pangan masyarakat yang berkelanjutan. Bila Urban Farming direncanakan dengan baik akan dapat mendukung masalah ketahanan pangan.

Alasan memilih Urban Framing sebagai startegi, menurut Purwanto, karena terdapat kelebihan bila dibandingkan dengan kegiatan pertanian konvensional. Ia memiliki karakteristik khusus, seperti memanfaatkan lahan terbatas, menggunakan sumber daya kota seperti sampah organik, anorganik dan limbah domestik.

Selain itu, menurutnya, Urban Farming dapat menjadi model rekreasi, ekonomi dan kewirausahaan, penelitian, kesehatan dan kesejahteraan serta pemulihan dan perbaikan lingkungan.

Pelaksanaan Urban Farming dilakukan melalui pemanfaatan lahan tidur dan lahan kritis, pemanfaatan ruang terbuka hijau (privat dan publik), pengoptimalan kebun sekitar rumah, dan penggunaan ruang (verticulture).

“Urban Farming cocok diterapkan di Kabupaten Bekasi sebagai kota maju dan dilanda Covid-19 semenjak bulan Maret 2020. Sebagai contoh di Belanda, 33% dari total produksi pertanian diperoleh dari pertanian perkotaan. Sedangkan di Vancouver, Canada lebih dari 40% penduduknya terlibat dalam pertanian perkotaan, sebut Purwanto.

Maka itu, Urban Farming dapat memberikan kontribusi penyelamatan lingkungan dengan pengelolaan sampah berbasis reuse dan recyle” lanjut Purwanto dalam sesi akhir acara.

UPN “Veteran” Jakarta, berharap dengan adanya, penyuluhan ini, dapat menjadi solusi yang fantastis bagi warga Bekasi. Tim pengabdian UPN “Veteran” Jakarta menyatakan bersedia untuk mendampingi mereka mulai dari hulu sampai dengan hilir.(Red)

gerbang 86

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *