Survei Indopol: Warga NU Pilih Mahfud MD Jadi Presiden 2024 Survei Indopol: Warga NU Pilih Mahfud MD Jadi Presiden 2024
GerbangBengkulu – Mayoritas Warga Nahdliyyin memilih Mahfud MD sebagai calon presiden RI di Pilpres 2024 mendatang. Hal ini ditegaskan Direktur eksekutif Indopol Survei, Retno... Survei Indopol: Warga NU Pilih Mahfud MD Jadi Presiden 2024

GerbangBengkulu – Mayoritas Warga Nahdliyyin memilih Mahfud MD sebagai calon presiden RI di Pilpres 2024 mendatang. Hal ini ditegaskan Direktur eksekutif Indopol Survei, Retno Sulistiyanto dalam rilis yang disiarkan oleh channel Padasuka TV, Senin (18/7).

“17,48 persen warga NU memilih Mahfud MD ketika ditanya di antara tokoh NU yang bapak atau ibu paling inginkan untuk memimpin Indonesia (Presiden) ke depan,” kata Retno dalam rilis survei yang disiarkan oleh channel Padasuka TV, Senin (18/7) malam.

Dalam temuan Survei Indopol periode 24 Juni – 1 Juli 2022 ini, Mahfud MD lebih unggul dibanding tokoh NU lainnya seperti Khofifah Indar Parawangsa dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskanda.

“Sementara dukungan warga NU kepada partai politik, yang memilih PKB 25,00% memilih Mahfud MD, kemudian Muhaimin Iskandar 21,15%, yang memilih Khofifah 15,38%, kemudian Yahya Cholil Staquf sama 15,38%. Pemilih PKB lebih memilih Mahfud MD sebagai presiden dari pada Mahfud MD,” tambah Retno Sulistiyanto.

Sementara itu, Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof. Phil Al Makin saat menjadi narasumber dalam rilis survei tersebut menegaskan, tingginya elektabilitas Mahfud MD tidak terlepas dari reputasi Mahfud MD di mata publik.

“Soal Prof. mahfud, saya kira menarik karena beliau di samping dekat dengan almarhum Gus Dur, saya kira rekam jejak beliau dari satu kabinet ke kabinet yang lain dan kemampuan beliau berkomunikasi dengan publik, pergaulan yang sangat luwes dan bagaimana beliau bisa menempatkan diri pada administrasi yang berbeda-beda sangat menarik. Beliau punya reputasi di mata publik walaupun beliau tidak mempunyai partai politik,” papar Al Makin.

Untuk undecided voters atau responden yang belum menentukan pilihan masih tinggi, yaitu sekitar 48,78%. Jumlah ini menjadi potensi para tokoh NU tersebut untuk menarik persepsi dalam memberikan pilihan politiknya.

Berikut adalah elektabilitas tokoh NU yang mendapatkan persepsi positif dalam bursa Pilpres 2024 dari kalangan masyarakat Nahdlatul Ulama (NU).

Mahfud MD : 17,48%
Khofifah Indar Parawansa : 11,87%
Abdul Muhaimin Iskandar : 9,02%
Yahya Cholil Staquf: 4,55%
Said Aqil Siradj : 2,85%
Yaqut Cholil Qoumas : 2,44%
Lainnya : 3,01%
TT/TJ : 48,78%

gerbang 86

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *