Sertifikat Tanah di Sumenep Akan Berubah Eletronik Sertifikat Tanah di Sumenep Akan Berubah Eletronik
Sumenep, GerbangBengkulu – Sertifikat tanah di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur yang awalnya manual, tahun 2021 direncanakan beralih pada sistem eletronik. Kasubag Tata Usaha... Sertifikat Tanah di Sumenep Akan Berubah Eletronik

Sumenep, GerbangBengkulu – Sertifikat tanah di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur yang awalnya manual, tahun 2021 direncanakan beralih pada sistem eletronik.

Kasubag Tata Usaha Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sumenep, Susanto mengatakan, perubahan itu untuk mempermudah pengecekan kepemilikan tanah Milik masyarakat maupun pemerintah setempat.

“Sampai saat ini, sudah sekitar 25 persen. Itupun masih di wilayah daratan, khususnya perkotaan setempat, ” terangnya, Kamis (4/2/2021).

Pihaknya menjelaskan, fungsi dari sertifikat eletronik adalah untuk mempermudah pelayanan pemerintah dalam melayani pengurusan sertifikat tanah masyarakat setempat.

“Data-data dan pelayanan pengecekan sertifikat tanah lebih mudah diakses secara online ,” katanya

Namun, proses peralihan sertifikat manual ke eletronik pihaknya belum dapat menjelaskan secara detail. Sebab, petunjuk teknis dari Pemerintah Pusat (PP) belum memberikan arahan mengenai mekanisme dan regulasinya.

“Kita masih menunggu kelanjutan Ndari BPN pusat mengenai mekanisme pelayanan maupun penerbitan sertifikat secara eletronik,” ujarnya

Menurutnya, jumlah bidangan tanah bersertifikat di Kabupaten Sumenep sekitar 740 ribu. Yang memiliki sertifikat sedikitnya 180 ribu, dan yang tidak bersertifikat sebanyak 560 ribu.

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) akan memulai penggunaan sertifikat tanah elektronik pada 2021.

Hal tersebut menyusul terbitnya Peraturan Menteri ATR/Kepala BPN Nomor 1 Tahun 2021 tentang Sertifikat Elektronik sebagai dasar pemberlakuan sertifikat elektronik.(Tf022)

gerbang 86

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *