Rekomendasi Izin Pertambangan Dicabut, Masyarakat Desa Talang Giring akan Gelar Syukuran Rekomendasi Izin Pertambangan Dicabut, Masyarakat Desa Talang Giring akan Gelar Syukuran
GerbangBengkulu – Izin pertambangan galian C (IUP Operasi Produksi Batuan) CV RCA Berkah Mandiri di Desa Talang Alai, Kecamatan Air Periukan, Kabupaten Seluma direkomendasikan... Rekomendasi Izin Pertambangan Dicabut, Masyarakat Desa Talang Giring akan Gelar Syukuran

GerbangBengkulu – Izin pertambangan galian C (IUP Operasi Produksi Batuan) CV RCA Berkah Mandiri di Desa Talang Alai, Kecamatan Air Periukan, Kabupaten Seluma direkomendasikan dicabut sesuai surat Gubernur Bengkulu Nomor :540/1946/ESDM/2021 yang ditujukan kepada Kementerian ESDM RI, Cq. Dirjen Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM.

“Hari ini masyarakat dari tiga desa, yakni Desa Talang Giring, Desa Arang Sapat Kecamatan Lubuk Sandi dan Desa Sukamaju kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu, merasa sangat gembira, karena pemerintah daerah Provinsi Bengkulu dinilai serius menanggapi perjuangan masyarakat untuk menutup dan mencabut izin IUP OP CV. RCA Berkah Mandiri tambang galian C di Desa Talang Giring,” ujar Endang Subandi, Ketua Bara JP Kabupaten Seluma, Rabu 1 Desember 2021.

Disampaikan, perjuangan masyarakat dari tiga desa itu telah memakan waktu kurang lebih selama dua tahun, dan merasa mendapatkan angin segar dengan dikeluarkannya surat gubernur tersebut.

Dengan dikeluarkannya surat tersebut, Endang mengaku tinggal menunggu tindaklanjut dari Pemerintah Daerah Kabupaten Seluma tentang penutupan CV RCA Berkah Mandiri.

“Program Seluma mudah berinvestasi bukan berarti dimudah-mudahkan, dan hendaknya selalu berpedoman kepada aturan yang berlaku, seperti Undang Undang Lingkungan Hidup dan peraturan lainnya,” ujarnya.

Ditambahkan, dalam waktu dekat ini masyarakat dari tiga desa itu akan melaksanakan syukuran dengan memotong kambing di lokasi makam keramat Poyang Imam yang diyakini sebagai tempat leluhur masyarakat yang letaknya berada di dekat area tambang galian C CV RCA Berkah Mandiri.

Pihak pengelola CV RCA Berkah Mandiri dinilai telah memindahkan alur sungai, memindahkan tangan ijin pengelola dan melakukan penambangan diluar IUP OP. (**)

Admin 93

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *