Pembukaan Pekan Kebudayaan Nasional 2021, BPCB Jambi Gelar Nonton Bareng Komunitas Bengkulu Pembukaan Pekan Kebudayaan Nasional 2021, BPCB Jambi Gelar Nonton Bareng Komunitas Bengkulu
Bengkulu, GerbangBengkulu.com- Pembukaan Pekan Kebudayaan Nasional 2021 digelar secara hibrid dan diikuti secara daring oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) se Indonesia. Di Bengkulu,... Pembukaan Pekan Kebudayaan Nasional 2021, BPCB Jambi Gelar Nonton Bareng Komunitas Bengkulu

Bengkulu, GerbangBengkulu.com- Pembukaan Pekan Kebudayaan Nasional 2021 digelar secara hibrid dan diikuti secara daring oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) se Indonesia.

Di Bengkulu, BPCB Provinsi Jambi nonton bareng bersama seluruh komunitas Bengkulu dan stakeholder di provinsi Bengkulu di pelataran Fort Marlborough Bengkulu.

Nonton bareng berlangsung meriah. Pasalnya, kegiatan nonton bareng ini cukup unik dengan konsep layar tancap.

Kegiatan serupa yang berlangsung secara paralel ini juga dilaksanakan di Kawasan Cagar Budaya Nasional Muarajambi di Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi, dan Kompleks Percandian Bumiayu Kabupaten PALI, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

“Pekan Kebudayaan Nasional adalah ruang interaksi inklusif bagi semua prakarsa publik dalam memajukan budaya. Ini adalah sebuah festival dengan misi mengolah inspirasi cemerlang kearifan lokal untuk menjawab tantangan kekinian. Makanya kita konsep nonton bareng bersama komunitas di Bengkulu yang konsen dengan kebudayaan,” jelas Kepala BPCB Provinsi Jambi Agus Widiatmoko, S.S.

Kegiatan ini, lanjut Agus, dalam rangka menyemarakkan PKN 2021 Direktorat Jenderal Kebudayaan dengan menggelar Nonton Bareng Pembukaan PKN 2021 yang dilaksanakan pada tanggal 19 November 2021, sesuai arahan Bapak Dirjen Kebudayaan sekaligus dalam rangka ikut menyemarakkan puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke 53 Provinsi Bengkulu.

Lebih lanjut Kepala BPCB Provinsi Jambi berharap bahwa sesuai amanat Undang-Undang Pemajuan Kebudayaan, pelaksanaan Pekan Kebudayaan Nasional sebagai jalan untuk memajukan kebudayaan nasional, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar 1945.

“Pemajuan Kebudayaan adalah upaya meningkatkan ketahanan budaya dan kontribusi budaya Indonesia di tengah peradaban dunia melalui pelindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan kebudayaan,” kata Agus Widiatmoko.

Terakhir, Agus meminta agar seluruh stakeholder terkait untuk ikut menyemarakkan seluruh agenda PKN 2021.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) provinsi Bengkulu yang diwakili oleh Kepala Bidang Kebudayaan Adang Parlindungan SH, M.Pd, mengatakan, bahwa pemerintah provinsi Bengkulu komitmen untuk memajukan kebudayaan lokal Bengkulu dan nasional.

“Membangkitkan budaya lokal dan memajukan kebudayaan nasional. Komitmen pemerintah provinsi Bengkulu terus digelorakan,” tegas Adang.

Turut mensupport kegiatan ini merupa pemberian souvenir pada peserta yang bisa menjawab pertanyaan yang sudah disiapkan panitia yaitu Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu.

Termasuk juga hadir Ketua DPD Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Bengkulu, Kabid Promosi Disparprov, dan Kepala UPTD Pariwisata provinsi Bengkulu.

Ada 15 komunitas di Bengkulu yang ikut memeriahkan secara langsung. Di antaranya, komunitas Putera Puteri Kebudayaan Bengkulu, Bujang Gadis Bengkulu, Puteri Pariwisata, Generasi Pesona Indonesia Bengkulu, Duta Bahasa, Putera Puteri Maritim, Putera Puteri Kampus Bengkulu, Bengkulu Heritage Society, Duta HIV-AIDS Bengkulu, Duta GENRE Bengkulu, PUPAN Bengkulu, Duta Kampus Universitas Bengkulu, Duta Kampus Univ Migammadiyah Bengkulu, Duta Kampus UIN Fatmawati Sukarno, Green Generation Bengkulu.

Untuk diketahui, bahwa PKN 2021 dihimpun dari rangkaian aksi budaya sejak Juli 2021. PKN ini akan memuncak pada 19-26 November 2021 yang bisa disaksikan secara premier sesuai jadwal di kanal budaya INDONESIANA.tv dan dapat disaksikan tanpa batas di laman PKN.id.

redaksi 35

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *