Pakai Knalpot Racing Akan Ditindak Tegas Pakai Knalpot Racing Akan Ditindak Tegas
GerbangBengkulu – Kabid Humas Polda Bengkulu Kombes Pol Sudarno, menegaskan pengendara sepeda motor yang menggunakan knalpot racing akan ditindak tegas. Dari kaca mata hukum,... Pakai Knalpot Racing Akan Ditindak Tegas

GerbangBengkulu – Kabid Humas Polda Bengkulu Kombes Pol Sudarno, menegaskan pengendara sepeda motor yang menggunakan knalpot racing akan ditindak tegas.

Dari kaca mata hukum, para pengemudi yang menggunakan knalpot bising melanggar Pasal 285 ayat 1 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ),” tuturnya pada Rabu 17 Maret 2021.

Penggunaan knalpol racing atau knalpot yang mengeluarkan suara bising kerap kali menimbulkan amarah dan kecaman dari masyarakat. Suara yang sangat nyaring di telinga ini merupakan bagian dari polusi suara.

Disampaikan, pada saat Operasi Zebra anggota polisi lalu lintas akan memberikan sanksi tilang kepada pengendara yang terbukti dan tertangkap tangan menggunakan knalpot racing.

Dijelaskan, bunyi Pasal 285 ayat (1) Setiap orang yang mengemudikan sepeda motor di jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Penertiban penggunaan knalpot yang bukan standart dari pabrikan kendaraan bermotor telah rutin dilakukan petugas kepolisian guna mengurangi polusi udara dan merespon keluhan masyarakat.

“Hingga saat ini tak terhitung knalpot racing yang telah disita kepolisian. Kumpulan barang bukti tersebut juga telah dijadikan tugu keselamatan berkendara yang terletak di depan Mapolda Bengkulu,” tandasnya. (**)

Admin 93

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *