Nelayan: RM Sosok Yang Paham Kemaritiman Nelayan: RM Sosok Yang Paham Kemaritiman
GerbangBengkulu – Kembali blusukan, pagi-pagi Ridwan Mukti (RM) berjalan kaki menyapa warga Kecamatan Ipuh Kabupaten Mukomuko. Hampir 7 km RM berjalan menuju Pantai Pasar... Nelayan: RM Sosok Yang Paham Kemaritiman

GerbangBengkulu – Kembali blusukan, pagi-pagi Ridwan Mukti (RM) berjalan kaki menyapa warga Kecamatan Ipuh Kabupaten Mukomuko. Hampir 7 km RM berjalan menuju Pantai Pasar Ipuh, pusat aktivitas nelayan Ipuh. Kepada masyarakat khususnya para nelayan, melalui perwakilannya dan pembina nelayan kecamatan, RM memaparkan potensi sekaligus berdialog saat meninjau langsung di lokasi.

“Perikanan tangkap yang potensinya sangat menjanjikan, berdasarkan kajian dari para ahli menyatakan bahwa satu di Kaur, satu lagi di Mukomuko,” papar Calon Gubernur nomor 1 yang serius pada sektor maritim Bengkulu. Di Mukomuko lanjut RM, Sungai Muara Ipuh (Pantai Ipuh) terdapat pelelangan ikan dan kehidupan nelayan yang sudah turun temurun dari dulu, namun sampai kini masih nelayan konfensional.

Dialog dengan RM, nelayan ungkapkan kendala mulai dari pendangkalan laut, investasi yang tak pernah maju, pendidikan nelayan sampai infrastruktur pendukung.

“Jangankan untuk pergantian mesin, untuk perawatan mesin tempel saja seolah begitu berat buat nelayan seperti kami,” cerita Toni pembina nelayan Kecamatan Ipuh saat dialog dengan RM.

Gagasan membangun ‘breakwater’ (pemecah gelombang) dipaparkan RM kepada para nelayan, sehingga nelayan bisa memaksimalkan kerja dan pendapatannya. Dari yang selama ini hanya dengan kapal kecil, dengan dibangun ‘breakwater’, nelayan akan lebih meningkatkan investasinya.

“Ketika ‘breakwater’ ini kita bangun, maka aksesibilitas para nelayan untuk melaut semakin terjamin maka disini akan tumbuh investasi-investasi dalam perikanan tangkap,” jelas RM di Pantai Ipuh.

Masih dalam kesempatan yang sama, nelayan merespon baik langkah dan gagasan RM. Nelayanpun ungkap harapannya.

“Dengan Gubernur yang paham kemaritiman dan semangat mensejahterakan rakyat, kami para nelayan di sini, ke depan tidak akan seperti ini saja, bisa maju dan mandiri,” respon Toni yang saat itu bersama nelayan-nelayan Ipuh.

Ridwan Mukti mengungkapkan bahwa program nasional, program Jokowi JK yang menjadikan Indonesia menjadi poros maritim dunia, tentunya memungkinkan Bengkulu menjadi poros maritim Indonesia. (mal004)

redaksi 35

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *