Mangga,  Program PNPM Belum Berbuah Mangga,  Program PNPM Belum Berbuah
GerbangBengkulu-Jika perjalaan anda melewati Desa Jagobayo, Lubuk Gedang, dan Talang Rasau Kecamatan Lais Bengkulu Utara, anda akan menjumpai pohon mangga berjejer rapi di depan... Mangga,  Program PNPM Belum Berbuah

GerbangBengkulu-Jika perjalaan anda melewati Desa Jagobayo, Lubuk Gedang, dan Talang Rasau Kecamatan Lais Bengkulu Utara, anda akan menjumpai pohon mangga berjejer rapi di depan rumah warga. Juga akan terlihat para penjual buah mangga di sepanjang jalan. Jika anda mengira buah mangga tersebut hasil dari tanaman milik warga, berarti tebakkan anda kali ini kurang tepat.

Iswandi (44 thn) salah satu penjual mangga di Desa Jagobayo mengungkapkan, “kami jual mangga bukan dari hasil tanaman sendiri, kami mengambilnya dari penggepul buah mangga dari luar Desa kami,” Ujarnya.

Isnaini (39 thn) Sekdes Jagobayo membenarkan, “mangga-mangga yang dijual oleh warga bukan dari hasil tanaman mereka. Guna peghijauan, Pemerintah melalui Program Nasional Pemberdayaa Masyarakat (PNPM) memberikan bantuan bibit mangga, satu batang untuk satu rumah. Setelah lima tahun berjalan, tanaman mangga dari bibit yang dibagikan belum berbuah, berbungo terus, berbuah idak” tegasnya dialek khas Bengkulu.

Isnaini menambahkan, ”kami juga belum mengetahui penyebab belum berbuahnya mangga- mangga yang ditanam warga, apakah kurang perawatan atau memang bibit yang dibagikan bukan dari varietas unggul. Ada sebagian yang berbuah, namun hanya satu atau dua buah per batangnya,” lebih lanjut Isnaini menjelaskan, “salah satu warga menanam bibit mangga dari pengepul bibit mangga, dan hasilnya bisa dilihat dan dibandingkan dengan mangga yang ditanam warga dari bibit dibagikan Pemerintah, tentu jauh berbeda,” terangya sambil menunjukan salah satu mangga yang sedang berbuah lebat.

Lebih lanjut, “saya juga menanam  bibit tersebut di depan rumah, namun karena tidak berbuah, saya ganti dengan pohon kelengkeng. Kami berharap pemerintah lebih bijak lagi dalam membantu warga, jangan semua dijadikan proyek oknum yang nggak jelas, kasihan warga yang telah lama menunggu, namun hasilya tidak sesuai dengan yang diharapkan,” tegas Isnaini. (ism006)

gerbang 86

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *