KPU Sumenep Lakukan Simulasi Pemungutan Suara di Tengah Pandemi Covid-19 KPU Sumenep Lakukan Simulasi Pemungutan Suara di Tengah Pandemi Covid-19
Simulasi Pemungutan suara disertai dengan protokol kesehatan
Sumenep, GerbangBengkulu – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar simulasi Pemungutan Suara dan Perhitungan Suara dalam pelaksanaan Pilkada Sumenep tahun... KPU Sumenep Lakukan Simulasi Pemungutan Suara di Tengah Pandemi Covid-19

Sumenep, GerbangBengkulu – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar simulasi Pemungutan Suara dan Perhitungan Suara dalam pelaksanaan Pilkada Sumenep tahun ini di halaman GOR A. Yani Sumenep, Sabtu (31/10/2020).

Hal itu dilakukan dalam bentuk mengantisipasi adanya penambahan cluster baru penyebaran Covid-19 pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumenep 2020.

Dan bahkan, dalam simulasi tersebut terdapat adegan penolakan warga terhadap ketidak percayaan adanya Covid-19, dengan tidak mengunakan masker. Dan pihak KPU setempat memberi pemahaman tentang pentingnya bermasker.

Komisioner KPU RI, Ilham Saputra menyampaikan, dilakukanya simulasi ini menghadapi proses Pilkada dimasa Pandemi Covid-19.

“Pelaksanaan simulasi ini adalah upaya kami. Karena proses Pilkada tahun ini bertepatan dengan masa corona. Dan harus menerapkan protokol kesehatan,” katanya

Menurutnya, simulasi ini sebagai pembelajaran penting bagi petugas Pilkada agar tetap menjalankan protokol kesehatan dengan baik.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Sumenep, A. Warits mengatakan, semua tahapan akan dipersiapkan dalam pelaksanaan Pilkada, termasuk pada pembentukan ad hock KPPS. Dan dalam waktu dekat, KPPS akan dilakukan rapid test.

“Semua KPPS akan dilakukan rapid test. Seperti yang diharapkan kami untuk tidak memunculkan cluster baru penyebaran covid-19. Dan penerapan Prokes dilakukan secara ketat,” ucapnya

Kendati demikian, untuk mengantisipasi penyebaran Corona, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Satgas Covid-19 Kabupaten setempat terkait pemetaannya.

“Kami berkoordinasi dengan Satgas, karena datanya ada disana. Dan di setiap tahapan akan terus berkoordinasi,” pungkasnya.(Tf022)

gerbang 86

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *