Kesigapan Prajurit 0423/BU Siapkan 170 Porsi Makanan Dalam Waktu Satu jam Kesigapan Prajurit 0423/BU Siapkan 170 Porsi Makanan Dalam Waktu Satu jam
GerbangBengkulu – Berjalannya kinerja semua komponen menjadi tolak ukur keberhasilan suatu kegiatan. Seperti halnya Program TNI Manunggal Membangun Desa Register 108, tak melulu kerjasama... Kesigapan Prajurit 0423/BU Siapkan 170 Porsi Makanan Dalam Waktu Satu jam

GerbangBengkulu – Berjalannya kinerja semua komponen menjadi tolak ukur keberhasilan suatu kegiatan. Seperti halnya Program TNI Manunggal Membangun Desa Register 108, tak melulu kerjasama TNI Polri dan masyarakat di lokasi pembangunan. Ketersediaan logistik harus dipastikan mencukupi asupan makanan bagi semua Satuan Tugas, Kamis (9/7/2020).

Memasak dalam skala besar bagi prajurit merupakan tugas yang harus diemban Sertu Usman (46). Kepiawaiannya meracik bumbu masakan, mendapuk dirinya sebagai juru masak khusus bagi jajaran Komando Distrik Militer 0423 Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu.

Saat menjalankan tugas, pria kelahiran 1 Desember 1972 ini harus memasak untuk personil Satgas TMMD 3 kali dalam sehari. Tercatat sebanyak 150 personil diterjunkan untuk menyukseskan program yang digelar di Desa Karang Tengah Kecamatan Putri Hijau dan Desa Suka Makmur Kecamatan Marga Sakti Seblat.

“Harus bisa bagi waktu, bangun pagi untuk memasak sarapan. Menyiapkan makan siang dilanjutkan makan malam. Ini merupakan tantangan tersendiri,” kata Sertu Usman, saat menyiapkan makan malam bagi anggota Satuan Tugas TMMD Register 108.

Usman mengungkapkan, ketersediaan logistik merupakan salah satu poin penting dalam setiap kegiatan. Sebelumnya, ayah 3 anak ini menjadi penentu ketersediaan bahan pangan dalam kegiatan TMMD imbangan di Kecamatan Napal Putih. Lokasi dan keadaan wilayah yang selalu berpindah, menjadi alasan pihaknya tak mengambil juru masak diluar Satuan.

Pada Progam TMMD Register 108 kali ini, Sertu Usman harus menyiapkan 170 porsi makanan para prajurit yang berasal dari Satuan Batalyon 144/JY, Zipur, Zoning, AL dan Panrem, Brimob serta masyarakat yang ikut ambil bagian dalam pelaksanan program.

Selain membuka badan jalan sepanjang 6 kilometer, program yang yang digeber satu bulan ini menyasar pada pelebaran dan peningkatan jalan, pembangunan 2 unit pos kamling, jembatan plat Dekker dan merenovasi dua rumah ibadah.

“Kadang dihutan hingga berbulan-bulan, maka tidak memungkinkan ambil juru masak dari luar satuan. Di TMMD ini kurang lebih 170, kan ditambah dengan warga. Pernah kami menyiapkan dalam waktu satu jam. Ya kalo saya lambat bisa ambyar pasukan yang kerja,” canda Usman.

Selaras dengan slogan yang masyur dikalangan Satuan TNI “Logistik tidak memenangkan peperangan, namun perang tak akan menang tanpa logistik”. Ketersediaan bahan pangan merupakan salah satu poin penting bagi prajurit saat pelaksanaan kegiatan berskala besar. (Ism006)

gerbang 86

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *