GerbangBengkulu – Asap ‘kiriman’ kembali selimuti beberapa kabupaten di Provinsi Bengkulu. Setidaknya empat kabupaten yaitu Lebong, Rejang Lebong, Kepahiang, dan Bengkulu Utara, yang diselimuti...

GerbangBengkulu – Asap ‘kiriman’ kembali selimuti beberapa kabupaten di Provinsi Bengkulu. Setidaknya empat kabupaten yaitu Lebong, Rejang Lebong, Kepahiang, dan Bengkulu Utara, yang diselimuti asap dari Jambi dan Sumatera Selatan itu. Akibatnya jarak pandang berkurang, hanya mencapai 2km. Hal tersebut dikatakan Anjasman, prakirawan Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno (BMKG) Bengkulu.

“Ini lantaran angin berhembus dari selatan ke tenggara, sehingga wilayah yang berbatasan dengan dua provinsi ini mendapat kabut asap,” katanya, Senin (7/9/2015) di Bengkulu.

Meskipun menyelimuti hampir empat kabupaten, asap tersebut, lanjut Anjasman, tidak sampai ke Kota Bengkulu. Namun jika angin bergerak dari timur ke utara kemungkinan Kota Bengkulu kena asap. “Jarak pandang masih aman nyaman, dan tidak ada mengganggu penerbangan,” tuturnya.

Pantauan Satelit Aqua, sementara di Bengkulu sendiri terdapat lima hotspot atau titik api yang tersebar di sejumlah kecamatan dalam tiga kabupaten. Dua hotspot di Kecamatan Ketahun Bengkulu Utara, satu titik di Kecamatan Padang Ulak Tanding Kabupaten Rejang Lebong, serta di Kecamatan Lebong Selatan Kabupaten Lebong ada 2 hotspot. (mal004)

redaksi 35

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *