DKPP Sumenep Berhasil Panen Perdana Demplot Capai 7,2 Ton DKPP Sumenep Berhasil Panen Perdana Demplot Capai 7,2 Ton
GerbangBengkulu, Sumenep – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur berhasil panen perdana demplot padi Varietas Unggul Benih (VUB) hasil ubinan mampu mencapai 7,2 ton... DKPP Sumenep Berhasil Panen Perdana Demplot Capai 7,2 Ton

GerbangBengkulu, Sumenep – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur berhasil panen perdana demplot padi Varietas Unggul Benih (VUB) hasil ubinan mampu mencapai 7,2 ton per hektare.

Panen perdana itu hasil Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sumenep yang bekerjasama dengan PT. Benih Bintang Citra Asia (BCA) di Desa Karang Budi, Kecamatan Gapura, Sumenep, Jumat (11/3/2022).

” Kami sangat bangga dengan keberhasilan yang telah diraih bersama ini,” terang Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Sumenep Arif Firmanto.

Ia mengatakan, panen padi varietas tahun ini mengalami peningkatan dari pada tahun sebelumnya. Yang sebelumnya hanya mencapai 6,5 ton per hektare, saat ini mengalami peningkatan hingga 0,72 ton per hektare.

” Keberhasilan ini kami persembahkan kepada masyarakat sumenep bahwa benih varietas itu sangat baik dan unggul. Perlu ditingkatkan,” jelasnya

Menurutnya, kelebihan padi varietas unggul adalah lebih tahan serangan hama dan produksinya lebih meningkat dan maksimal dari pada benih padi biasanya.

Maka dari itu, pihaknya mengajak seluruh petani di Sumenep untuk menggunakan benih padi varietas unggul agar setelah panen mengalami peningkatan yang besar dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sumenep.

Tidak hanya itu, pihaknya kedepan merencanakan demplot penanaman melon warna kuning yang bentuknya lebih bagus daripada yang lain. ” Ketika ini berhasil, tidak akan hanya dilirik pasar lokal, tetapi juga nasional,” katanya

Pada kegiatan itu ikut mendampingi Forpimka, tokoh agama, Gapoktan dan Kelompok Tani (Poktan) Desa Karang Budi. (Tf022)

gerbang 86

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *