Bupati Kaur Beserta Jajaran Ikuti Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2022 Bupati Kaur Beserta Jajaran Ikuti Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2022
GerbangBengkulu – Bupati Kabupaten Kaur H. Lismidianto, S.H,.M.H yang didampingi Sekretaris Daerah Dr. Drs. Ersan Syahfiri, M.M, Kepala Inspektorat Daerah Harika, S.E, dan Kepala... Bupati Kaur Beserta Jajaran Ikuti Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2022

GerbangBengkulu – Bupati Kabupaten Kaur H. Lismidianto, S.H,.M.H yang didampingi Sekretaris Daerah Dr. Drs. Ersan Syahfiri, M.M, Kepala Inspektorat Daerah Harika, S.E, dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Kaur Hellitza Okkie, S. Kom,. M.H mengikuti kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2022 dengan tema Mengawal Akuntabilitas Keuangan dan Kinerja Untuk Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat secara virtual, bertempat di Aula lantai III Sekretariat Daerah, Kamis (22/9/2022).

 

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengawal, meningkatkan akuntabilitas dan kinerja serta transparansi pengelolaan keuangan negara dalam pemulihan Ekonomi Nasional yang lebih cepat dan berupaya bangkit dari keterpurukan akibat pandemi COVID-19 yang berkepanjangan serta menjaga kepercayaan publik. Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan tahun ini dilaksanakan dalam beberapa rangkaian kegiatan, mulai dari pemberian penghargaan kepada entitas pelaporan peraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam berbagai kategori, webinar,  clinic coaching dan talkshow.

 

Dalam sambutannya Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan dalam menghadapi pandemi kemarin, pemerintah telah bekerja keras mengoptimalkan peran APBN dalam penanganan kesehatan masyarakat, baik untuk program vaksin maupun perawatan pasien, program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), serta program-program prioritas lainnya seperti pemberian Bantuan Sosial terhadap masyarakat yang terdampak pengalihan subsidi BBM saat ini, serta program percepatan pengendalian inflasi secara nasional.

 

“Program pemberian bantuan sosial akibat pengalihan subsidi BBM dan pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi COVID-19 serta percepatan pengendalian inflasi melatarbelakangi peningkatan anggaran di tahun 2022 ini,” ujar Sri Mulyani.

 

Sri Mulyani juga mengungkapkan perlunya komitmen untuk mengedepankan transparansi baik pemerintah pusat maupun daerah dalam mengelola anggaran pendapatan dan belanjanya.

 

“Pengelolaan anggaran harus akuntabel dan kredibel, hal ini penting untuk dipahami oleh seluruh pemangku kepentingan, salah satunya dengan melakukan pengawalan bersama atas pelaporan keuangan dan menyusun laporan keuangan tersebut dengan baik agar mendapatkan capaian opini terbaik dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI,” ungkapnya.

 

Sri Mulyani juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pimpinan kementerian, lembaga dan pemerintah daerah yang menghadapi situasi luar biasa ditengah pandemi beberapa waktu yang lalu.

 

“Peningkatan kualitas laporan keuangan pada situasi extraordinary merupakan prestasi yang tidak mudah dan tidak sederhana, saya sampaikan penghargaan untuk seluruh kementerian, lembaga dan pemerintah daerah terkait pemberian opini WTP atas laporan keuangannya serta terus menjaga keuangan negara dan membangun tata kelolanya,” katanya saat membuka acara Rakernas.(mlf)

gerbang 86

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *