Uji Publik Pemilu Legislatif 2019 di Kabupaten Seluma Ditetapkan 4 Dapil Uji Publik Pemilu Legislatif 2019 di Kabupaten Seluma Ditetapkan 4 Dapil
GerbangBengkulu – Daerah Pemilihan (dapil) untuk Pemilu Legislatif 2019 di Kabupaten Seluma disepakati tidak berubah dan tetap 4 Dapil. Sebelumnya ada wacana beberapa partai... Uji Publik Pemilu Legislatif 2019 di Kabupaten Seluma Ditetapkan 4 Dapil

GerbangBengkulu – Daerah Pemilihan (dapil) untuk Pemilu Legislatif 2019 di Kabupaten Seluma disepakati tidak berubah dan tetap 4 Dapil. Sebelumnya ada wacana beberapa partai politik yang ingin membagi Seluma menjadi 5 Dapil, Kamis 8 Februari 2018.

Dalam uji publik di Hotel Arnanda antara KPUD Seluma, partai politik, dan Forkompimda menghitung jumlah penduduk di Kabupaten Seluma yaitu sejumlah 207.587 jiwa. Artinya jumlah kursi di DPRD Seluma sebanyak 30 kursi.

Dilanjutkan menghitung jumlah penduduk di masing-masing Dapil, dibagi BPPd (Bilangan Pembagi Penduduk) sehingga diketahui idealnya jumlah Dapil di Kabupaten Seluma tetap 4.

“Dapil satu 8 kursi, meliputi Kecamatan Seluma Utara, Seluma Timur, Seluma Selatan, dan Seluma Barat. Dapil II (dua) 10 kursi, meliputi Sukaraja, Air Periukan, dan Lubuk Sandi,” terang Sarjan Efendi, Divisi Teknis KPUD Seluma.

Dapil III (tiga) sebanyak 7 kursi, meliputi Kecamatan Talo, Ulu Talo, Ilir Talo dan Talo Kecil dan Dapil IV (empat) 5 kursi meliputi, Kecamatan Semidang Alas dan Semidang Alas Maras.

Dalam rapat koordinasi itu diketahui, apabila membagi daerah pemilihan di Kabupaten Seluma menjadi 5 Dapil selisih suara antar Dapil berjarak 1.029 jiwa dan jika menggunakan 4 Dapil hanya berjarak 918 jiwa. (azm009)

Admin 93

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *