Selama Masa Pandemi, Bermain Merupakan Hal yang Penting, Ayo Ayah Bunda Ajak Kami Bermain Selama Masa Pandemi, Bermain Merupakan Hal yang Penting, Ayo Ayah Bunda Ajak Kami Bermain
GerbangBengkulu – Bermain merupakan dunia bagi anak, dengan bermain anak dapat belajar berbagai hal, dan bermain juga dapat mengembangkan semua aspek perkembangan anak. Anak... Selama Masa Pandemi, Bermain Merupakan Hal yang Penting, Ayo Ayah Bunda Ajak Kami Bermain

GerbangBengkulu – Bermain merupakan dunia bagi anak, dengan bermain anak dapat belajar berbagai hal, dan bermain juga dapat mengembangkan semua aspek perkembangan anak. Anak akan merasa bahagia ketika kebutuhan mainnya terpenuhi. Dalam kondisi apapun, dimana pun dan bagaimana pun anak akan bermain. Dalam kondisi hujan ataupun panas, di ruangan maupun di luar ruangan bahkan di mobil sekalipun anak sering menghabiskan waktunya untuk bermain. Tanpa kita sadari kegiatan bermain yang dilakukan nya adalah salah satu kegiatan belajar. Namun kadang sebagai orang tua kita sering menganggap kegiatan tersebut adalah suatu kegiatan yang tidak penting dan tanpa makna. Sesungguh dengan bermain anak akan merasa rileks, gembira dan bahagia. Walaupun kadang kala anak menangis disela bermain, karena perselisihan antar kawan main atau singkat nya waktu bermain anak.

Kebutuhan bermain dan permainan sangatlah penting bagi perkembangan anak, lingkungan dan orang dewasa dalam hal ini orang tua, maupun pendidik harus memahami pentingnya kegiatan bermain ini dan memfasilitasi nya. Tentu saja kita sebagai orang tua sering menganggap bahwa permainan itu adalah sesuatu hal yang bernilai ekonomis atau permainan yang baik itu permainan yang berasal dari pabrikan, ternyata hal tersebut kurang tepat. Tentu saja permainan dan alat bermainnya tersebut bukanlah suatu yang harus bernilai ekonomis tinggi, nyatanya benda apapun yang ada di sekitar anak bisa kita manfaatkan untuk kegiatan bermain anak.

Bermain yang menyenangkan dapat merangsang anak untuk melakukan eksplorasi dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitarny kemudian anak akan dapat menemukan pengetahuan dari benda-benda yang dimainkannya. Benda benda yang ada di sekitar anak dan sudah di sediakan oleh alam di sebut loose parts. Loose parts ini berupa batu, daun, pasir, ranting pohon, pelepah pisang dan sebagainya. Dulu waktu kita kecil kita sering bermain loose parts, sangat bahagia, menantang, memecahkan masalah, bersorak, bergembira, mengembangkan motorik, yang sekarang sudah mulai tergantikan oleh smart phone, komputer dan pemainan lain yang hanya melatih beberapa aspek perkembangan saja bahkan bisa jadi melemahkan salah satu aspek perkembangan bila dilakukan berlebihan. Namun kita dulu merasa bahagia dengan kegiatan sederhana yang kita dapatkan dari alam. Mengapa kita tidak mecoba dari sekarang untuk mengarahkan kepada anak kita.

Masa Pandemi ini bagi sebagian orang yang paham, mempunyai hikmah yang sangat luar biasa, contohnya bila tidak pandemi kita bisa menghabiskan 12 jam diluar rumah untuk bekerja, namun di masa pandemic kita harus bekerja dari rumah dan menghabiskan banyak waktu bersama anak-anak yang kita sayangi, mengapa tidak mencoba membuka permainan masa lampau yang sering kita lakukan kepada anak, misalnya mencari batu yang bentuknya bulat sebanyak-banyak nya, siapa yang mendapat batu paling banyak dialah yang akan menjadi pemenang, dan boleh menentukan kegiatan selanjutnya. Waktu untuk mencari batu kita tentukan, selesai mencari batu kita kumpulkan lagi para peserta permainan, dan kita hitung berama-sama siapakah yang mendapatkan batu yang berbentuk bulat paling banyak. Sederhana bukan?.

Bermain dengan berbagai alat main yang tersedia dan dengan dukungan dari orang dewasa yang dapat mengarahkan dan mendorong anak menjadi seorang yang kreatif dan penuh inisiatif serta dapat menambah pengetahuan untuk persiapan dimasa dewasa.(*)

Oleh: Serly noviasari, S.Pd

gerbang 86

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *