Ratusan Kelompok Tani di Kabupaten Rejang Lebong Menerima Bantuan Pemerintah Ratusan Kelompok Tani di Kabupaten Rejang Lebong Menerima Bantuan Pemerintah
GerbangBengkulu – Ratusan kelompok tani di Kabupaten Rejang Lebong mendapatkan bantuan peralatan pertanian dan bibit gratis dari pemerintah. Bantuan tersebut diserahkan di halaman Kantor... Ratusan Kelompok Tani di Kabupaten Rejang Lebong Menerima Bantuan Pemerintah

GerbangBengkulu – Ratusan kelompok tani di Kabupaten Rejang Lebong mendapatkan bantuan peralatan pertanian dan bibit gratis dari pemerintah. Bantuan tersebut diserahkan di halaman Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Rejang Lebong, Rabu 10 Oktober 2018.

Menurut Bupati Rejang Lebong, Ahmad Hijazi, bantuan yang diberikan untuk mendukung para petani, sehingga para petani terus termotivasi dalam mengelola sektor pertanian.

Hijazi berharap agar bantuan yang diserahterimakan dimanfaatkan sebaik mungkin. Pembagian bantuan itu adalah upaya pemerintah untuk para petani dalam membangun pertanian di Rejang Lebong.

Hal itu untuk mempertahankan Rejang Lebong sebagai daerah penyangga pertanian 10 kabupaten/ kota di Provinsi Bengkulu.

“Sebenarnya masih banyak potensi lain yang perlu ditingkatkan seperti kopi, berkisar 13 ribu ton ada di Rejang Lebong, perlu pengembangan lagi sehingga dapat bernilai tinggi dan mendatangkan keuntungan bagi petani,” terang Hijazi.

Sedangkan menurut Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Bengkulu, Riky Gunawan, bahwa bantuan merupakan salah satu upaya mewujudkan swasembada pangan.

“Target Indonesia swasembada pangan, target tersebut dapat dicapai dengan bantuan peralatan pertanian. Saat ini akan diberikan 110 unit mesin pertanian yang bersumber dari APBN, APBD Provinsi Bengkulu dan APBD Kab. Rejang Lebong” tuturnya.

Permasalahan yang dihadapi saat ini adalah luas baku lahan pertanian yang mengalami penurunan untuk alih fungsi properti dan lainnya. Berharap Pemda Rejang Lebong untuk menerapkan Perda dan irigasi berkesinambungan karena untuk cetak sawah baru biayanya mahal.

“Para Petani agar mengoptimalkan bantuan Alsintan ini, serta ada kerjasama yang kondusif agar program nasional dan daerah dapat berjalan dengan baik,” tutup Riky.

Bantuan yang diberikan meliputi:

1. Bidang Sarpras pertanian ;
a. Traktor tangan roda dua sebanyak 61
b. Traktor roda 4 sebanyak 3 unit
c. Pompa air sebanyak 22 unit
d. Hand splayer 74 unit
e. Excavator mini 1 unit
f. Power threser 5 unit
g. Rice transplater 5 unit
h. Alat tanam jagung 10 unit

2. Bidang perikanan ;
a. Benih ikan nila 35.000 ekor
b. Benih ikan mas 35.000 ekor
c. Pengadaan benih 60.000 ekor
d. Pengadaan pakan 2.100 kilo
e. Mesin pakan 1 unit

3. Bidang peternakan ;
a. Sapi perah 50 ekor
b. Sapi bali 56 ekor
c. Kambing 336 ekor
d. Bantuan peralatan koperasi 1 unit
e. Bantuan ayam dan itik masing-masing 1.500 ekor

4. Bidang tanaman pangan dan holtikultura ;
a. Cultivator 10 unit
b. Bibit cabe dan saprodi 40 hektar
c. Bawang merah dan saprodi 20 hektar
d. Bawang putih dan saprodi 10 hektar
e. Benih padi gogo 63.325 kilo
f. Benih jagung 15.000 kilo
g. Bibit jeruk 5.000 batang
h. Bibit bunga 1 paket. (azm001)

Admin 93

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *