Pingin Melepas Penat? Datang ke Air Terjun Telun Pingin Melepas Penat? Datang ke Air Terjun Telun
GerbangBengkulu – Kabupaten Bengkulu Utara memiliki beberapa pesona wisata alam yang menakjubkan. Pesona keindahan alam pada wilayah yang terletak di kawasan pesisir Pantai Barat... Pingin Melepas Penat? Datang ke Air Terjun Telun

GerbangBengkulu – Kabupaten Bengkulu Utara memiliki beberapa pesona wisata alam yang menakjubkan. Pesona keindahan alam pada wilayah yang terletak di kawasan pesisir Pantai Barat Sumatera ini, siap melepas penat bagi siapa saja yang mengunjunginya, salah satunya Air Terjun Telun.

Air Terjun Telun, terletak di Desa Renah Jaya, salah satu Desa di Kecamatan Giri Mulya yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Lebong. Air terjun Telun dapat ditempuh dengan dua jam perjalanan dari Kota Argamakmur.

Dengan berjalan kaki, hanya dibutuhkan waktu 30 menit dari ruas jalan Provinsi (Bengkulu Utara-Lebong) untuk menemukan air terjun tunggal yang memiliki ketinggian 10 meter ini, “namanya air Terjun Telun, di hari libur akhir-akhir ini banyak penggunjung yang datang,” ujar salah satu penjaga parkir objek wisata, Rame (17), Minggu 18 Desember 2016.

Berada dialiran Sungai Seranggai, jernihnya air pada objek wisata yang dikelilingi perkebunan kopi ini, mampu mengundang para penggunjung untuk sejenak memainkan gemericik air, “sebenarnya ada dua air terjunnya bang, cuma satu lagi lokasinya agak jauh, sekitar satu jam perjalanan,” sebut Rame.

Sementara itu, salah satu mahasiswi Kota Bengkulu yang mengunjungi objek wisata, Cindy Rahma Sagita (21) mengungkapkan, Air Terjun telun memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki objek wisata serupa lainnya. “Sensasi airnya, untuk menemukannya tidak menguras tenaga, tapi cukup dapat membakar kalori tubuh saya. Asri dan alami, bagi para penikmat alam Air Terjun Telun bisa menjadi referensi untuk mengisi liburan,” tutur wanita yang saat ini mengaku tengah mengikuti program diet.

Kepastian lokasi objek wisata ini, otoritas pemerintahan setempat belum dapat memberikan keterangan pasti. Menurutnnya, hal ini harus dikordinasikan pada pemerintahan Bengkulu Utara. “Air Terjun itu ya, ya nanti kami akan kordinasikan dengan atasan,” singkat Camat Giri Mulya, Imam Farkhan, saat di konfirmasi Gerbang Bengkulu.

Untuk diketahui, Bengkulu Utara adalah sebuah Kabupaten di provinsi Bengkulu. Memiliki luas 4.424,60 km², wilayah yang memiliki ciri khas bunga Rafflesia ini mempunyai populasi penduduk 471.302 jiwa. Dengan garis pantai 262,63 km, Kabupaten ini menyimpan potensi sumber daya pesisir, pantai, dan laut baik hayati maupun nonhayati yang cukup besar, sebagai peluang untuk dapat dikembangkan dan dikelola sebagai sumber pertumbuhan ekonomi daerah.

Dari sisi hidrologis, Kabupaten Bengkulu Utara memiliki Banyak sungai yang verhulu di sisi timur bukit barisan dan mengalir ke Samudra Indonesia. Akan kondisi ini, banyak terdapat air terjun yang menjadi magnet di rimbunnya hutan belantara, salah satunya adalah Air Terjun Telun. Diketahui beberapa sungai yang ada dapat di layari oleh kapal dengan bobot mati 25 ton.

Dilihat dari kondisi geografis, sebagian besar merupakan dataran dengan ketinggian dibawah 150 MDPL terdapat di bagian barat membujur searah pantai dari selatan ke utara, sedangkan di bagian timur topografinya berbukit – bukit dengan ketinggian 541 MDPL. (ism006)

gerbang 86

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *