Peringati HUT RI ke-75, Pemburu Madu ini Kibarkan Bendera Merah Putih di Sarang Lebah Raksasa Peringati HUT RI ke-75, Pemburu Madu ini Kibarkan Bendera Merah Putih di Sarang Lebah Raksasa
GerbangBengkulu – Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 75, Yadi, warga Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma, mengibarkan bendera merah putih ketika melakukan pengambilan madu... Peringati HUT RI ke-75, Pemburu Madu ini Kibarkan Bendera Merah Putih di Sarang Lebah Raksasa

GerbangBengkulu – Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 75, Yadi, warga Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma, mengibarkan bendera merah putih ketika melakukan pengambilan madu lebah Apis dorsata, Selasa 18 Agustus 2020.

Aksi itu dilakukan tepat sehari menjelang HUT RI, di dekat sarang lebah Apis dorsata, lebah raksasa penghasil madu.

Sebelum panen madu, Yadi terdengar menyanyikan lagu Padamu Negeri, sebagaimana dilansir dari akun Youtube Ahmad zaen009.

“Padamu negeri kami berjanji.
Padamu negeri kami berbakti.
Padamu negeri kami mengabdi.
Bagimu negeri jiwa raga kami,” ucapnya.

Di akhir video, Yadi menyampaikan Dirgahayu Republik Indonesia, selamat Hari Ulang Tahun ke-75.

“Salam panen lestari sahabatku. Dirgahayu untuk negeriku, salam dari lebah Bengkulu,” ucapnya di akhir video.

Lebah Apis dorsata atau dikenal di Bengkulu dengan sebutan medu hutan atau medu repe adalah jenis lebah hutan dan ukuran fisiknya paling besar diantara lebah penghasil madu lain.

Selain ukuran tubuhnya paling besar, lebah ini dikenal agresif dan hanya memiliki satu buah sarang yang menggantung di dahan pohon.

Lebah jenis ini akan mudah ditemukan bersarang di perkebunan warga ketika musim bunga karet, kopi dan durian.

Keberadaan lebah jenis ini semakin sulit dijumpai, yang diduga akibat alih fungsi lahan dan cara pemanenan yang dilakukan oleh sejumlah warga. (**)

Admin 93

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *