Pagelaran Seni Budaya Nusantara Akan Digelar di Kecamatan Sukaraja Pagelaran Seni Budaya Nusantara Akan Digelar di Kecamatan Sukaraja
GerbangBengkulu – Masyarakat dari desa kelurahan di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma akan menyelenggerakan kegiatan bertajuk Pagelaran Seni Budaya Nusantara bersama Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.... Pagelaran Seni Budaya Nusantara Akan Digelar di Kecamatan Sukaraja

GerbangBengkulu – Masyarakat dari desa kelurahan di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma akan menyelenggerakan kegiatan bertajuk Pagelaran Seni Budaya Nusantara bersama Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

“Sesuai rencana pelaksanaannya akan diselenggarakan pada bulan ini, namun terkendala anggaran kegiatan,” kata ketua panitia kegiatan, Andi VM, Sabtu 5 Oktober 2019.

Disampaikan, kegiatan itu tertunda lantaran anggaran yang tersedia untuk kegiatan tersebut baru tersedia Rp 7 juta dari total anggaran yang dibutuhkan sebesar Rp 20 juta.

Kegiatan yang direncanakan itu meliputi pentas pergelaran kesenian budaya dan pakaian adat dan tari dari berbagai multi etnik yang ada di Sukaraja.

“Selain kesenian Bengkulu seperti pencak silat, sarafal anam, tari andun, tari sekapur sirih, di Kecamatan Sukaraja ada kesenian dari berbagai daerah seperti dari Bali, Jawa, Sunda, Kalimantan, Sulawesi, Aceh, Minang, Sumatera Utara dan Sumatera Selatan,” jelasnya.

Masyarakat dari desa kelurahan di Kecamatan Sukaraja disebut oleh Andi sangat mendukung agar pagelaran itu dapat dilaksanakan.

“Selain untuk mempererat silaturrahmi pergelaran itu memiliki tujuan untuk menumbuhkembangkan berbagai kesenian yang ada di masyarakat,” ungkapnya.

Andi meminta Pemda Kabupaten Seluma untuk ikut andil dengan mendukung kegiatan pergelaran ini.

“Kita sudah mengadakan rapat dua kali pada bulan Agustus dan kemarin pada 4 Oktober di Aula Kantor Kecamatan Sukaraja,” ucap Andi.

Selaku generasi penerus, Andi mengaku perhatian Pemda Seluma melalui Disparpora dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kurang memberikan perhatian terhadap kesenian dan kebudayaan yang patut diperhatikan dan ditumbuhkembangkan.

Ditegaskan, kegiatan pagelaran itu telah mendapatkan lampu hijau dari Gubernur Bengkulu, Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu dan Dinas Kominfo.

“Kita sudah mengajukan proposal bantuan untuk kegiatan ini ke sejumlah instansi pemerintah dan BUMN, namun kebutuhan anggarannya belum terpenuhi. Saya mohon perhatian dari Pemkab Seluma agar kegiatan ini dapat segera terealisasi,” tandas Andi. (azm009)

Admin 93

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *