Nelayan di Seluma Berharap Memperoleh Bantuan Alat Tangkap Ikan Nelayan di Seluma Berharap Memperoleh Bantuan Alat Tangkap Ikan
GerbangBengkulu – Mengisi waktu luang karena cuaca sedang tidak bersahabat, sehingga tidak dapat melaut, sejumlah nelayan di Desa Muara Maras, Kecamatan Semidang Alas Maras,... Nelayan di Seluma Berharap Memperoleh Bantuan Alat Tangkap Ikan

GerbangBengkulu – Mengisi waktu luang karena cuaca sedang tidak bersahabat, sehingga tidak dapat melaut, sejumlah nelayan di Desa Muara Maras, Kecamatan Semidang Alas Maras, Kabupaten Seluma memanfaatkannya dengan memperbaiki perahu dan alat tangkapnya, Selasa 16 Juli 2019.

“Sejak bulan Juni kondisi cuaca kurang bersahabat, ombak besar. Dalam sepekan, kami melaut tiga kali,” kata Januhan, seorang nelayan di Desa Muara Maras.

Karena tidak memiliki mata pencarian lain, untuk mengisi waktu luang saat cuaca tidak bersahabat ia bersama sejumlah nelayan lainnya mengisinya dengan memperbaiki perahu dan jaring, yang digunakan untuk mencari nafkah.

IMG-20190717-WA0160

Disebutkan, saat ini adalah musim paceklik bagi para nelayan.

“Untuk hasil tangkapan ikan melimpah ada di bulan November-Februari. Karena laut tenang, dan ikan banyak ditemukan di perairan dangkal,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya meminta dari Dinas Kelautan untuk memperhatikan kehidupan para nelayan tradisional.

“Belum pernah kami memperoleh bantuan jaring ikan yang sesuai dengan perairan di sini. Tahun 2016 pernah mendapat bantuan jaring dan pancing, namun alat tangkap itu tidak dapat digunakan, karena tidak cocok dengan perairan Seluma,” jelasnya. (azm009)

Admin 93

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *