Mendukung Program Seluma Alap, Dinas Perkim: 300 Rumah Tahun ini Kita Bangun Mendukung Program Seluma Alap, Dinas Perkim: 300 Rumah Tahun ini Kita Bangun
GerbangBengkulu – Sebanyak 300 unit rumah tidak layak huni di Kabupaten Seluma tahun ini akan mendapatkan bantuan pembangunan yang bersumber dari dana DAK, APBN... Mendukung Program Seluma Alap, Dinas Perkim: 300 Rumah Tahun ini Kita Bangun

GerbangBengkulu – Sebanyak 300 unit rumah tidak layak huni di Kabupaten Seluma tahun ini akan mendapatkan bantuan pembangunan yang bersumber dari dana DAK, APBN dan APBD. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Seluma, Erlan Suadi, Kamis 8 April 2021.

“Dalam rangka mendukung visi misi program bapak Bupati Seluma, program Seluma Alap[bagus], Dinas Perkim Seluma fokus pada peningkatan insfrastruktur bidang perumahan,” ungkap Erlan.

Data terakhir rumah tidak layak huni di Kabupaten Seluma sebanyak 9.010 unit. “Untuk tahun ini total rumah yang kita bangun sebanyak 300 unit,” jelasnya.

Saat ini, jelasnya lagi, program Bantuan Stimulan Swadaya Masyarakat (BSPS) Tahun 2021 telah berjalan. “Sekarang sudah tahap selesai pembukaan rekening dan dalam minggu ini mulai penyaluran material,” jelasnya.

Tahun ini penerima program BSPS mendapatkan alokasi dana lebih besar dibanding tahun sebelumnya, yakni mendapatkan anggaran Rp 20 juta, ada tambahan Rp 2,5 juta untuk penambahan pembelian material bangunan. “Anggaran material Rp 17,5 dan upah pekerja tetap Rp 2,5 juta,”

Dana BSPS yang bersumber dari APBN disalurkan di 3 desa yakni di Desa Tanjung Kuaw, Desa Kungkai Baru, dan Desa Talang Perapat, sejumlah 110 unit.

“Dana DAK tahun ini sebanyak 128 unit tersebar di 8 desa kelurahan, Kelurahan Masmambang, Kelurahan Bunga Mas, Kelurahan Babatan, Kelurahan Puguk, dan Kelurahan Dusun Baru, kemudian Deaa Tebat Sibun Desa Air Keruh dan Desa Padang Genting, dan dari Dana dari APBD sebanyak 18 unit,” ungkapnya.

Pihaknya meminta pemerintahan desa yang belum mengajukan program BSPS untuk segera mengajukan proposal ke Dinas Perkim. “Sasaran penerima program ini adalah untuk keluarga pra sejahtera. Untuk desa yang sudah mengajukan program BSPS dimohon untuk bersabar, karena program ini bertahap,” tandasnya. (**)

Admin 93

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *