Mahfud MD dan Gubernur Bengkulu Dorong Gelar Pahlawan Untuk Gusdur Mahfud MD dan Gubernur Bengkulu Dorong Gelar Pahlawan Untuk Gusdur
GerbangBengkulu – Mantan ketua Mahkamah Konstitusi, Mohammad Mahfud MD saat ini bersama ‘Sahabat Gus Dur’ tengah mendorong pemberian gelar pahlawan nasional untuk Gus Dur... Mahfud MD dan Gubernur Bengkulu Dorong Gelar Pahlawan Untuk Gusdur

GerbangBengkulu – Mantan ketua Mahkamah Konstitusi, Mohammad Mahfud MD saat ini bersama ‘Sahabat Gus Dur’ tengah mendorong pemberian gelar pahlawan nasional untuk Gus Dur (Abdurrahman Wahid). Dalam prosesnya, ia menegaskan tak perlu ada rehabilitasi nama mantan presiden RI keempat itu.

“Tak perlu rehabilitasi nama Gus Dur, karena tak ada keputusan hukum yang menyatakan Gus Dur bersalah,” tegas Mahfud MD saat berikan keterangan pers bersama Gubernur Ridwan Mukti di Bengkulu. Jumat 24 Juni 2016.

Namun, lanjut Mahfud MD, rehabilitasi yang perlu dilakukan adalah rehabilitasi akademik. Pasalnya, terdapat kesalahan pada pelajaran sejarah tentang ‘pelengseran’ Gus Dur karena sebab-sebab tertentu. Ia kembali menegaskan tak perlu rehabilitasi dalam arti hukum, untuk Gus Dur.

“Sama nasibnya dengan pahlawan nasional lainnya, yang gugur ditengah perjalanan karena konflik politik,” kata Mahfud MD yang juga pernah menjabat sebagai menteri pertahanan pada tahun 2000 – 2001 itu.

Pendapat ini senada dengan putri Gus Dur, Yeni Wahid. Klarifikasi sejarah merupakan hal penting. Menurutnya, untuk meluruskan persepsi masyarakat yang masih keliru soal sang bapak.

“50 tahun dari sekarang, anak-anak kita, cucu-cucu kan hanya akan membaca dokumen sejarah. Bagi kami penting sejarah ini diluruskan,” ujar Yeni saat di kantor MMD Initiative Jakarta beberapa hari lalu. (mal004)

gerbang 86

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *