Ketua KPU Provinsi Bengkulu Akui Kinerja Lembaganya Belum Optimal Ketua KPU Provinsi Bengkulu Akui Kinerja Lembaganya Belum Optimal
GerbangBengkulu – Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra, mengingatkan agar penyelenggaraan Pilkada 2020 perlu ditingkatkan lebih baik lagi daripada pelaksanaan Pemilu 2019. “Beberapa persoalan... Ketua KPU Provinsi Bengkulu Akui Kinerja Lembaganya Belum Optimal

GerbangBengkulu – Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra, mengingatkan agar penyelenggaraan Pilkada 2020 perlu ditingkatkan lebih baik lagi daripada pelaksanaan Pemilu 2019.

“Beberapa persoalan menjadi catatan penting, seperti proses rekrutmen penyelenggara ad hoc masih dibawah standar, berakibat pada kurang akurasi dalam bekerja,” katanya, saat membuka Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Pemilu 2019 Provinsi Bengkulu di Villa Hijau, Curup, Sabtu 26 Oktober 2019.

Selain itu, proses Sistem Informasi Perhitungan (Situng) Pemilu 2019  masih ada yang salah hitung, sehingga publik menilai ada unsur kesengajaan.

Pada Pemilu 2019 terdapat 5 kertas surat suara, sedangkan Pilkada 2020 mendatang hanya ada 2 kertas surat suara, sehingga penyelenggaraan diharapkan lebih baik lagi.

Persoalan lainnya, yakni masalah penetapan DPT (daftar pemilih tetap) menjadi sorotan Ketua KPU Provinsi Bengkulu.

Disebutkan, untuk menetapkan DPT pada Pemilu 2019 harus melalui tiga kali perbaikan. Hal itu mengakibatkan konsentrasi dan tahapan Pemilu lainnya terganggu, seolah-olah kerja keras KPU tidak berarti.

“Rumitnya proses Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), dengan jumlah dana yang dianggap Pemda sangat besar. Harus diimbangi dengan tanggung-jawab yang tinggi secara moril, dibuktikan dalam kinerja, harus ada perbaikan dalam penyelenggaraan Pemilu selanjutnya,” tutur Irwan.

Rapat evaluasi akan berlangsung tiga hari tersebut diikuti sekitar 60 orang yang terdiri dari seluruh anggota KPU dan sekretaris KPU kabupaten/kota se Provinsi Bengkulu.

Pada kesempatan tersebut, KPU Kabupaten Rejang Lebong mendapat penghargaan sebagai Penyelenggara Pemilu dan Pemilihan Berintegritas.

Sedangkan KPU Kota Bengkulu mendapatkan penghargaan tiga katagori sekaligus, yaitu Pengelolaan Logistik, Kreasi Sosialisasi dan Partisipasi Pemilu dan Pemilihan, serta Iklan layanan Masyarakat.

Diakhir kegiatan, para peserta akan mengadakan upacara peringatan hari Sumpah Pemuda dan melaksanakan kegiatan outbond di obyek wisata Bukit Kaba. (azm001)

Admin 93

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *