Kerja Keras SDM PKH Bengkulu Tekan Angka Kemiskinan Diganjar Penghargaan Oleh Gubernur Kerja Keras SDM PKH Bengkulu Tekan Angka Kemiskinan Diganjar Penghargaan Oleh Gubernur
GerbangBengkulu – Bicara masalah kemiskinan tentu tidak terlepas dari bagaimana penanganan dan penekanan pemberantasan dari kemiskinan itu sendiri. Peran dari beberapa aspek serta elemen... Kerja Keras SDM PKH Bengkulu Tekan Angka Kemiskinan Diganjar Penghargaan Oleh Gubernur

GerbangBengkulu – Bicara masalah kemiskinan tentu tidak terlepas dari bagaimana penanganan dan penekanan pemberantasan dari kemiskinan itu sendiri. Peran dari beberapa aspek serta elemen baik dari pemerintah maupun masyarakat merupakan penunjang utama terhadap keberhasilan pemberantasan kemiskinan. Sebisa mungkin mencari solusi yang solutif sehingga mampu menyentuh hasil yang memuaskan. Pemerintah berupaya seoptimal mungkin menangani kemiskinan, salah satunya dengan menjalankan program-program unggulan.

Salah satunya Program penanganan kemiskinan yang telah dilakukan di Provinsi Bengkulu dalam beberapa tahun terakhir tampaknya sudah mulai menampakkan hasil yang cukup menggembirakan, hal ini terbukti dari penghargaan yang telah diterima oleh Provinsi Bengkulu sebagai provinsi yang mampu mengendalikan inflasi terbaik tingkat nasional khususnya diwilayah Sumatra.

Keberhasilan yang telah dicapai tersebut tentu tidak terlepas dari kerja keras para penggiat pemberantasan kemiskinan di daerah tersebut, salah satu program yang saat ini memiliki kontribusi yang cukup besar terhadap pemberantasan kemiskinan di Provinsi Bengkulu adalah Program Keluarga Harapan (PKH). Selain langsung menyentuh kepada masyarakat pra sejahtera, PKH juga diketahui memiliki tolak ukur yang jelas dalam menilai keberhasilan programnya, yakni dengan adanya Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH yang mengundurkan diri dari kepesertaan program tersebut atau yang sering diistilahkan “Graduasi Berdikari” dengan alasan bahwa mereka merasa telah mampu dan tidak lagi terikat pada bantuan yang bersumber dari pemerintah.

Saat ini KPM PKH Provinsi Bengkulu berjumlah 88.630 KPM, sedangkan KPM yang telah menyatakan mundur dari PKH secara mandiri dari tahun 2019 hingga bulan Juni tahun 2020 ini telah mencapai 4.405 KPM. Tentu keberhasilan para KPM PKH ini untuk keluar dari garis kemiskinan tidak terlepas dari kerja keras para SDM PKH khususnya para pendamping sosial, oleh karena itu bertempat di Balai Raya Semarak Bengkulu pada hari Senin, 20 Juli 2020 pukul 10.00 WIB Gubernur Bengkulu Dr.drh.H. Rohidin Mersyah, M.M.A memberikan penghargaan kepada para pendamping PKH Provinsi Bengkulu yang telah berhasil menggraduasi KPM PKH dampingannya.

Dalam kesempatan tersebut 10 orang Pendamping PKH dari 10 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Bengkulu mendapatkan piagam penghargaan langsung dari Gubernur Bengkulu serta satu unit sepeda khusus bagi pendamping sosial dengan KPM Graduasi terbanyak, berikut nama-nama pendamping sosial PKH yang mendapatkan penghargaan dari Gubernur Bengkulu.

1. Een Suparmanto
Kabupaten Seluma sebanyak
88 KPM graduasi,
2. Donna Selviana Prajayanti
Kota Bengkulu sebanyak
85 KPM graduasi,
3. Munjidah Kemal Diyaz
Kabupaten Bengkulu Utara sebanyak
84 KPM graduasi,
4. Sri Yani
Kabupaten Rejang Lebong sebanyak
80 KPM graduasi,
5. Wiwik Puji Astuti
Kabupaten Kepahiang sebanyak
75 KPM graduasi,
6. Dodi Syahtra Dinata
Kabupaten Muko-Muko sebanyak
61 KPM graduasi,
7. Jemi Ananda Putra
Kabupaten Bengkulu Selatan sebanyak 45 KPM graduasi,
8. Efa Lumei Purnama Sari
Kabupaten Kaur sebanyak
28 KPM graduasi,
9. Satria Ageng Prasetyo Kabupaten
Lebong sebanyak 24 KPM graduasi,
10. Meidi Samin kabupaten
Bengkulu Utara sebanyak
17 KPM graduasi.

Selain memberikan penghargaan kepada para Pendamping Sosial PKH dalam kesempatan tersebut Gubernur Bengkulu juga memberikan apresiasinya kepada pihak Himpunan Bank Negara (HIMBARA) yakni BRI, Bank Mandiri dan BNI yang telah membantu proses penyaluran bantuan sosial kepada para KPM.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Bengkulu, Dr. H. Iskandar ZO, SH, M.Si dalam sambutannya menyatakan bahwa “PKH telah berjalan dengan baik berkat kesungguhan para SDM pelaksana PKH di lapangan, dan pada tahun 2019 Dinas Sosial Provinsi Bengkulu mendapatkan Piagam Penghargaan dari Kemensos dengan kriteria Kinerja Terbaik 1 dalam Penyaluran Bansos PKH Semester 2 Tahun 2019, dalam acara Rapat Rekonsiliasi Penyaluran Bansos PKH Bulan Desember 2019 di Jogyakarta”.

Dalam sambutannya Gubernur Bengkulu Dr.drh.H. Rohidin Mersyah, M.M.A yang dikenal selalu ramah ini menyampaikan bahwa dirinya sangat menyadari bahwa program-program bantuan sosial yang ada saat ini sangat berkontribusi terhadap penurunan angka kemiskinan di Provinsi Bengkulu.

“Tidak dapat dipungkiri juga program-program tersebut diatas telah memberikan andil dalam penurunan angka kemiskinan di Provinsi Bengkulu. berdasarkan rilis BPS Maret 2015 angka kemiskinan di Provinsi Bengkulu 17,88 % dan Maret 2020 turun menjadi 15,02 %” papar Rohidin.

 

Di penghujung sambutannya Gubernur Bengkulu berpesan kepada semua sumber daya manusia penggiat pemberantasan kemiskinan yang telah bekerja keras selama ini untuk selalu meningkatkan sinergisitas agar tujuan dari program-program yang telah ada dapat tercapai dengan baik.

“Maka dari itu sebagai bentuk sinergitas program yang baik ini sudah selayaknya Gubernur Bengkulu juga memberikan apresiasi reward berupa penghargaan kepada bapak/ibu/sdr sebagai pelaksana program kesejahteraan sosial di Provinsi Bengkulu, dengan harapan ke depan kita berpacu untuk lebih giat lagi karena tantangan ke depan akan lebih sulit sebagai dampak pandemic covid-19” tutup Gubernur.

Sementara itu Koordinator Wilayah (Korwil) PKH Provinsi Bengkulu 1, Dra. Hj. Elisa Yuniarti, M.Si usai kegiatan penyerahan piagam penghargaan dari Gubernur Bengkulu menyampaikan bahwa dirinya sangat berterima kasih atas apresiasi dan penghargaan yang telah diberikan oleh Gubernur Bengkulu kepada SDM PKH.

“Alhamdulillah hari ini 10 SDM PKH Provinsi Bengkulu telah mendapatkan penghargaan dari Bapak Gubernur, saya berharap penghargaan ini dapat menjadi penyemangat bagi para SDM PKH Provinsi Bengkulu agar dapat bekerja lebih baik lagi di kemudian hari” pungkas Elisa. (Ap)


gerbang 86

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *