Kembangkan Ekonomi Pedesaan, JAMAN Fokus Edukasi Budidaya Lebah Madu Kembangkan Ekonomi Pedesaan, JAMAN Fokus Edukasi Budidaya Lebah Madu
GerbangBengkulu – Ketua Jaringan Kemandirian Nasional (Jaman) Kabupaten Seluma, Zeston Jayadi melakukan edukasi ke masyarakat untuk mengembangkan potensi ekonomi kreatif di sejumlah desa yang... Kembangkan Ekonomi Pedesaan, JAMAN Fokus Edukasi Budidaya Lebah Madu

GerbangBengkulu – Ketua Jaringan Kemandirian Nasional (Jaman) Kabupaten Seluma, Zeston Jayadi melakukan edukasi ke masyarakat untuk mengembangkan potensi ekonomi kreatif di sejumlah desa yang ada di Kabupaten Seluma, Senin 17 Agustus 2020.

“Sejalan dengan organisasi kami, intinya kami ingin menggugah kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan potensi unggulan di setiap desa,” ujarnya.

Salah satu potensi ekonomi yang saat ini fokus digarap oleh organisasinya yakni melakukan edukasi budidaya lebah madu ke masyarakat.

“Hari ini kami melakukan edukasi cara memindahkan lebah madu di Desa Air Periukan, Kecamatan Air Periukan,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama di tempat lokasi pemindahan lebah, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah raga Kabupaten Seluma, Rijono mengajak masyarakat untuk tidak takut dengan lebah madu yang banyak ditemukan bersarang di sekeliling rumah warga.

“Ayo budidayakan lebah, jangan dibakar, diracun, karena lebah adalah serangga penghasil madu yang sangat potensial untuk dikembangkan di daerah kita,” tuturnya.

Samsu (56), warga setempat, menyampaikan kalau dirinya baru mengetahui cara memindahkan lebah madu liar ke kotak budidaya.

“Ternyata dalam koloni lebah itu memiliki sosok ratu, dan koloninya patuh terhadap ratu. Ketika ratu dipindahkan ke kotak budidaya koloninya mengikuti dimanapun ratu berada,” ucapnya.

Ditambahkan, melalui edukasi ini dirinya memahami cara berinteraksi dengan lebah agar lebah tidak agresif, yakni melakukan pengasapan pada saat melakukan pemanenan ataupun pemindahan. (azm009)

Admin 93

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *