Intensitas Hujan Tinggi, Belasan Hektar Persawahan di Kabupaten Seluma Terendam Intensitas Hujan Tinggi, Belasan Hektar Persawahan di Kabupaten Seluma Terendam
GerbangBengkulu – Intensitas curah hujan yang tinggi menyebabkan belasan lahan persawahan yang ada di Desa Karang Anyar dengan Desa Padang Peri, Kecamatan Semidang Alas... Intensitas Hujan Tinggi, Belasan Hektar Persawahan di Kabupaten Seluma Terendam

GerbangBengkulu – Intensitas curah hujan yang tinggi menyebabkan belasan lahan persawahan yang ada di Desa Karang Anyar dengan Desa Padang Peri, Kecamatan Semidang Alas Maras, Kabupaten Seluma terendam, Sabtu 27 Oktober 2018.

Areal lahan persawahan dua desa tersebut merupakan sawah tadah hujan.

“Intensitas hujan tinggi seperti saat ini membuat belasan lahan persawahan di desa kami tergenang. Hal itu dikarenakan tidak adanya sodetan pembuangan air,” terang pak Atan, salah seorang warga yang menggarap sawah di Desa Karang Anyar.

Ia dan para petani yang bersawah di lokasi itu berharap kepada pemerintah untuk membuat sodetan, agar setiap musim tanam tiba petani dapat melaksanakan tanam padi serentak.

Kendala lain yang dihadapi petani adalah saat curah hujan berkurang, lahan persawahan yang lebih dahulu bercocok tanam akan mengalami kekeringan.

“Ketika curah hujan berkurang sebagian tanaman padi yang ditanam diawal musim mengalami kekeringan. Meski terdapat saluran irigasi dari bendungan Air Alas, namur airnya tidak sampai ke daerah kaki,” jelasnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma Marahalim, saat dikonfirmasi persoalan tersebut menyatakan, jika belum ada program sodetan.

“Dinas Pertanian sampai saat ini belum ada program sodetan. Solusi sementara bisa memanfaatkan pompa air untuk menyedot air di sawah yang tergenang tersebut,” jelas Marahalim. (azm009)

gerbang 86

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *