IAA Ekskarisedenan: Santri dan Kepemimpinan Sosial IAA Ekskarisedenan: Santri dan Kepemimpinan Sosial
Jember, GerbangBengkulu – Santri dan kepemimpinan sosial menjadi tema utama dalam kegiatan Musayawarah Cabang (Muscab) Ikatan Alumni Annuqayah (IAA) Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu... IAA Ekskarisedenan: Santri dan Kepemimpinan Sosial

Jember, GerbangBengkulu – Santri dan kepemimpinan sosial menjadi tema utama dalam kegiatan Musayawarah Cabang (Muscab) Ikatan Alumni Annuqayah (IAA) Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu (11/9/2020).

Kegiatan tersebut, terlaksana disalah satu Hotel Jl. Sentot Prawirodirjo, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Dalam kesempatan itu, Ketua IAA Ekskaresidenan Besuki, Muhammad Muslim menyampaikan, alumni santri yang tergabung dalam IAA (Ikatan Alumni Annuqayah) di Eks Karesidenan Besuki sekitar 5.000 orang.

“Sementara diwilayah Jember sendiri ada sekitar 3.000 alumni,” jelasnya

Menurutnya, kesempatan emas yang diraih oleh alumni Annuqayah di Kabupaten Jember, Abd. Muqit Arief menjabat sebagai Plt Bupati Jember dan Idqon Syauqi sebagai Ketua DPRD setempat.

“Dan banyak lagi alumni IAA yang menjadi orang besar dalam berbagai bidang pengembangan,” terangnya

Sementara, Plt Bupati Jember, Abd. Muqit Arief menyampaikan, santri dan kiai sama halnya dengan pisau dan asahan

“Alumni dan pesantren itu sangat erat kaitanya. Itu saya teringat pada perkataan para sesepuh santri,” katanya

Ia menjelaskan, maksud dari perkataan tersebut adalah sebagai perumpamaan yang untuk kemudian dijadikan sebagai pegangan untuk tetap mengingat pada pesantren.

“Jika kita jauh dari pesantren, samahalnya dengan pisau jauh dari asahanya. Jadinya tidak tajam khasanahnya,” ujarnya

Pihaknya menegaskan, pondok pesantren Annuqayah adalah salah satu pesantren yang selalu komitmen memperjuangkan Ahlussunnah Waljamaah, dengan berlatarkan kiai Nadhliyah.

“Kalau ada santri setelah pulang tidak sholat taraweh 20 rakaat, Shalat subuh tidak memakai Qunut, meskipun bertahun-tahun ada di Pesantren, tapi pulangnya tidak mendapat apa-apa,” tegasnya.(Tf022)

gerbang 86

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *