Di Hadapan Ribuan Warga Lubuk Sandi, Rohidin Sampaikan Cara Berhenti Merokok Di Hadapan Ribuan Warga Lubuk Sandi, Rohidin Sampaikan Cara Berhenti Merokok
GerbangBengkulu – Kehadiran Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah di halaman kantor Kecamatan Lubuk Sandi, Kabupaten Seluma dalam acara deklarasi gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) disambut... Di Hadapan Ribuan Warga Lubuk Sandi, Rohidin Sampaikan Cara Berhenti Merokok

GerbangBengkulu – Kehadiran Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah di halaman kantor Kecamatan Lubuk Sandi, Kabupaten Seluma dalam acara deklarasi gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) disambut antusias ribuan masyarakat.

Sebelum memasuki tempat acara, Rohidin disambut dengan tari persembahan dan atraksi pencak silat yang dibawakan oleh siswa siswi sekolah dasar. Ratusan pelajar menyambut kedatangan Gubernur Bengkulu sesaat ia turun dari kendaraannya. Kedatangannya juga disambut dengan lantunan shalawat Sarofal Anam.

“Dalam kegiatan ini saya bangga dan berterimakasih dengan kesiapan dan sambutannya, seluruh elemen masyarakat ada di sini, hadir untuk menyaksikan deklarasi Germas. Artinya apa, seluruh elemen masyarakat ikut sama-sama mendengarkan dan berkomitmen melakukan gerakan masyarakat hidup sehat,” tutur Rohidin saat memberikan kata sambutan, Senin 21 Januari 2019.

Pola hidup sehat seperti melakukan aktifitas fisik 30 menit sehari bukanlah hal yang sulit dilakukan oleh masyarakat Kecamatan Lubuk Sandi, bahkan aktifitas fisik masyarakat lebih dari itu.

Keduanya, adalah makan sayur dan buah-buahan. Selanjutnya melakukan pemeriksaan rutin ke puskesmas minimal 6 bulan satu kali.

“Kemudian yang ketiga tidak merokok. Tadi pak wabub (Wakil Bupati Seluma) menyampaikan tidak usah dihisap tapi dicium saja. Kenapa pak wabub bicara seperti itu, karena untuk berhenti dari kebiasaan merokok itu memang sulit,” jelas Rohidin.

Menurut Rohidin, untuk berhenti merokok caranya sangat mudah.

“Kalau teman saya katakan, gampang pak Rohidin, untuk berhenti merokok cuma tiga caranya. Boleh dicoba, kalau dicoba pasti berhenti, yang pertama adalah jangan membeli rokok, jangan meminta kalau tidak ada rokok, dan kalau dikasih orang di tolak,” ungkap Rohidin disambut tawa para hadirin.

Diakui Rohidin, menghilangkan kebiasaan merokok adalah hal yang sulit, namun kebiasaan itu bisa dihilangkan dengan cara berangsur-angsur.

Kemudian, pola hidup sehat yang keempat adalah tidak minum minuman beralkohol.

Dalam kesempatan ini, Rohidin juga membagikan sejumlah peralatan untuk penyandang disabilitas. Meliputi pembagian kursi roda, tongkat ketiak, tongkat tuna netra dengan alat bantu.

Selain deklarasi Germas, kegiatan juga diisi dengan pelaksanaan bhakti sosial seperti sunatan massal, pemeriksaan gula darah dan pengobatan gratis. (azm009)

Admin 93

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *