Bupati Sumenep Resmikan BUMDes Pasongsongan Bupati Sumenep Resmikan BUMDes Pasongsongan
GerbangBengkulu-Bupati Sumenep Abuya Busyro Kariem melakukan peletakan batu pertama pada pembangunan Badan Uhasa Milik Desa (BUMDes) Jaya Samudera Desa Pasongsongan Sumenep, Jawa Timur, Senin... Bupati Sumenep Resmikan BUMDes Pasongsongan

GerbangBengkulu-Bupati Sumenep Abuya Busyro Kariem melakukan peletakan batu pertama pada pembangunan Badan Uhasa Milik Desa (BUMDes) Jaya Samudera Desa Pasongsongan Sumenep, Jawa Timur, Senin (3/8/2020).

Dalam sambutanya, Bupati Sumenep menyampaikan, ada tiga hal yang perlu dilakukan oleh berbagai pihak agar dapat memajukan Bumdes.

“Pertama, masyarakat dan Kepala Desa harus merasakan kepemilikan terhadap unit BUMDES yang didirikan,” kata Bupati Sumenep, Abuya Busyro Kariem.

Kedua, pengelolaan harus dilakukan secara profesional. Karena managemen yang terbuka dan yang baik merupakan awal dari keberhasilan.

“Ketiga, potensi di desa pasongsongan harus dijadikan dasar pengembangan selanjutnya,” terangnya

Disamping itu, lanjutnya, pengelolaan harus dikelola dengan cara transparan dan baik. Karena diantara hikmahnya akan menimbulkan kepercayaan dari masyarakat.

“Apabila muncul kepercayaan, akan muncul rasa kepemilikan,” tegasnya

Sementara itu, Kepala Desa Pasongsongan, Ahmad Saleh Harianto mengatakan, pendirian BUMDes difokuskan pada retail perdagangan dan pertanian.

Menurutnya, dengan titik fokus tersebut agar masyarakat pasongsongan dapat menggunakan lahan sebagai bercocok tanam.

“Biar tidak selalu bekerja sebagai nelayan. Karena lahanya tidak digunakan,” terangnya.

Dengan itu ia berharap, masyarakat yang tidak bekerja, bisa bekerja dengan berdirinya BUMDes yang fokus dibidang retail perdagangan dan tanaman Holtikultura.

Yang hadir pada peresmian BUMDes di Desa Pasongsongan tersebut, Bupati dan Wakil Bupati Sumenep beserta Forkopimda, Polres Sumenep, Polsek Pasongsongan, Camat Pasongsongan dan Dandim (*)

gerbang 86

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *