BPKP  Bersama Dinsos Bengkulu Tengah Lakukan Uji Petik Penyaluran PKH BPKP  Bersama Dinsos Bengkulu Tengah Lakukan Uji Petik Penyaluran PKH
GerbangBengkulu – Perwakilan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Bengkulu bersama Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bengkulu Tengah melakukan monitoring dan uji petik implementasi... BPKP  Bersama Dinsos Bengkulu Tengah Lakukan Uji Petik Penyaluran PKH

GerbangBengkulu – Perwakilan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Bengkulu bersama Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bengkulu Tengah melakukan monitoring dan uji petik implementasi penyaluran bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di kabupaten Bengkulu Tengah, Senin(01/03/2021).

Tujuanya, untuk mengukur sejauh mana indikator pencapaian sekaligus evaluasi penyaluran bantuan sosial kepada KPM penerima program PKH tahun 2020 di Kabupaten Bengkulu Tengah.

Dalam kesempatan itu Dinsos bersama tim auditor BPKP Provinsi Bengkulu juga memberikan pembekalan terkait tugas dan fungsi pendamping PKH di Kecamatan dan desa binaan masing-masing di wilayah itu.

Ketua Tim Auditor perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu, Fandi mengatakan, kegiatan pada hari ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pencapaian program bantuan sosial kepada KPM penerima bantuan program PKH, serta bentuk Pengaduan serta penyelsaian dari KPM terkait Program Keluarga Harapan (PKH)di Kecamatan Kabupaten Bengkulu Tengah.

“ Kegiatan hari ini adalah verifikasi dan evaluasi penyaluran bantuan sosial kepada KPM penerima program PKH tahun 2020 untuk melihat sejauh mana pencapaian bantuan PKH yang kemudian dijadikan sebagai acuan untuk penyaluran ditahun berikutnya. Selain itu juga melihat sejauh mana SDM PKH menindaklanjuti terkait pengaduan dari KPM terkait permasalahan di lapangan. ” ungkap Fandi.

Sementara, Kepala Dinas(Kadis) Sosial Kabupaten Bengkulu Tengah melalui Kabid Linjamsos Dinsos Feni Paneri mengatakan, pihak Dinsos hanya  mendampingi BPKP dalam rangka kegiatan verifikasi dan evaluasi untuk melihat indikator pencapaian penyaluran bantuan sosial program PKH 2020 di Bengkulu Tengah.

“ Kami melakukan pendampingan dengan menghantar petugas perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu dalam rangka monitoring dan verifikasi sekaligus evaluasi terkait implementasi program bantuan sosial kepada KPM PKH di Kabupaten Bengkulu Tengah,” kata Feni.

Selain itu kata dia, pihaknya memberikan edukasi kepada petugas pendamping PKH di kecamatan dan desa tentang tugas dan fungsi pendamping PKH di tingkat Kecamatan dan desa. Agar implementasi program penyaluran PKH kepada KPM berjalan optimal.

Tujuan penyuluhan dan edukasi kepada pendamping PKH di tingkat desa dan kecamatan agar para petugas Pendamping PKH dapat menjalankan tugasnya secara optimal.

“ Tujuan penyuluhan dan edukasi terkait tupoksi pendamping PKH, supaya, pendamping PKH dapat melaksanakan pekerjaannya secara optimal,” ungkapnya.

Sementara, Korkab PKH Kabupaten Bengkulu Tengah mengatakan, kegiatan uji petik dan verifikasi serta evaluasi penyaluran bantuan sosial program PKH kepada KPM akan menyasar di lima kecamatan di Bengkulu Tengah sebagai sample, sebagaimana yang ditetapkan oleh Tim BPKP, diantara nya kecamatan Pondok Kelapa, kecamatan Taba Penanjung, kecamatan Pondok Kubang, kecamatan Merigi Sakti, dan kecamatan Bang Haji.

“ Uji petik hasil monitoring, verifikasi dan evaluasi di lima kecamatan kabupaten Bengkulu Tengah ini, akan di jadikan sampling sebagai dasar acuan untuk menilai sejauh mana capaian penyaluran bantuan program PKH kepada KPM di kabupaten Bengkulu Tengah,” pungkasnya. (AP027)

gerbang 86

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *