Bioskop Keliling Sarana Penguatan Informasi Edukasi Bioskop Keliling Sarana Penguatan Informasi Edukasi
Bioskop Keliling Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Bengkulu Utara
GerbangBengkulu – Bioskop Keliling merupakan salah satu program dari Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan (Setditjen) Kemendikbud. Diharapkan dengan hadirnya mobil berwarna biru yang berisi proyektor,... Bioskop Keliling Sarana Penguatan Informasi Edukasi

GerbangBengkulu – Bioskop Keliling merupakan salah satu program dari Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan (Setditjen) Kemendikbud. Diharapkan dengan hadirnya mobil berwarna biru yang berisi proyektor, genset, dvd player, layar  dan berbagai perangkat pemutaran film ini, dapat menjadi sarana informasi yang memiliki nilai edukasi.

“Merupakan pemutaran film melalui layar tancap di daerah tertentu yang bertujuan memberi informasi kepada masyarakat tentang kebudayaan terkait budaya lokal. Masyarakat diajak untuk mengenal berbagai film yang memiliki nilai edukasi dan kebudayaan,” sampai Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Bengkulu Utara, Eka Hendriyadi, MH, Rabu 14 Desember 2016.

Eka mengungkapkan, dengan program ini, masyarakat yang jauh akan hiburan merasa senang dan menambah wawasan melalui film. Adapun target penonton dari program ini adalah siswa-siswi dan masyarakat yang tinggal di daerah pedalaman.

“Film yang diputar berdasarkan kebutuhan dan permintaan dari masyarakat. Kami belum bisa mengoperasikan secara optimal karena terkendala dana operasional. Namun jika sekolah-sekolah meminta kehadiran bioskop keliling, kami siap akan datang,” jelasnya.

Beragam film yang ada di mobil berwarna biru ini, seperti Air dan Api, 99 Cahaya di Langit Eropa, Republik Twitter, Habibie dan Ainun, dan masih banyak lagi. Setiap beroperasi, tak hanya dilakukan pemutaran dua film saja, namun juga terdapat kegiatan dialog interaktif. Narasumber dihadirkan dalam kegiatan ini untuk membahas film yang diputar.

“Namun, berbagai kendala pun kerapkali timbul seperti sulitnya menjangkau daerah masyarakat yang berada dipedalaman seperti jalannya yang sulit ditempuh dan cuaca yang tidak bisa diperkirakan,” imbuh Eka. (ism006)

gerbang 86

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *