Bawaslu Libatkan Pengawas Pemilu Partisipatif untuk Pemilu 2019 Bawaslu Libatkan Pengawas Pemilu Partisipatif untuk Pemilu 2019
GerbangBengkulu – Seluruh masyarakat berhak menjadi pengawas pemilu partisipatif dan bisa melaporkan temuan dugaan pelanggaran penyelenggaran dan tahapan pemilu pada tahun 2019 mendatang,” terang... Bawaslu Libatkan Pengawas Pemilu Partisipatif untuk Pemilu 2019

GerbangBengkulu – Seluruh masyarakat berhak menjadi pengawas pemilu partisipatif dan bisa melaporkan temuan dugaan pelanggaran penyelenggaran dan tahapan pemilu pada tahun 2019 mendatang,” terang anggota Panwaslu Kabupaten Seluma Iwan Setiawan, pada Minggu 17 Desember 2017.

Untuk pemilu yang jujur, adil, bebas, rahasia semua warga negara Indonesia, peserta pemilu (parpol, timses, dan calon), dan pemantau pemilu yang terdaftar di Bawaslu dapat melaporkan dugaan pelanggaran yang terjadi.

“Kalau ada laporan pelanggaran pemilu, sesuai pasal 454 ayat 6 UU nomor 7 tahun 2017 harus disampaikan paling lambat tujuh hari dari temuan pelanggaran dengan bukti-buktinya,” terang Iwan.
Apabila melebihi waktu tujuh hari, maka pelanggaran itu tidak dapat diproses.

“Perbedaan laporan dengan temuan ini harus di pahami, kalau temuan masyarakat yang harus melengkapi bukti-bukti pelanggarannya. Sedangkan temuan merupakan temuan dari panwaslu kecamatan atau panwas ditingkat desa,” terang Iwan.

Hasil dugaan pelanggaran pemilu ini akan dibahas dalam rapat pleno di Panwas Kabupaten sebagai pengambilan keputusan tertinggi dalam pelanggaran pemilu.

“Pelapor dan terlapor akan kita mintai keterangan, kita ada Berita Acara Klarifikasi kalau di kepolisian disebut BAP (berita acara pemeriksaan). Namun perbedaanya Panwaslu hanya mendengarkan klarifikasi tanpa ada sanggahan atau bantahan,” imbuhnya.

Selaku anggota Panwaslu Kabupaten Seluma Iwan optimis, dengan mengadakan diskusi bersama elemen masyarakat akan meminimalisir terjadinya pelanggaran pemilu, sosialisasi dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, dan dengan para pemilih pemula. (azm009)

Admin 93

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *