Banjir Rob Rendam Puluhan Rumah dan Menggenangi Jalan Lintas Barat Sumatera Banjir Rob Rendam Puluhan Rumah dan Menggenangi Jalan Lintas Barat Sumatera
GerbangBengkulu – Banjir rob atau naiknya permukaan air laut menggenangi belasan rumah di Desa Muara Maras, Kecamatan Semidang Alas Maras, Kabupaten Seluma pada Kamis... Banjir Rob Rendam Puluhan Rumah dan Menggenangi Jalan Lintas Barat Sumatera

GerbangBengkulu – Banjir rob atau naiknya permukaan air laut menggenangi belasan rumah di Desa Muara Maras, Kecamatan Semidang Alas Maras, Kabupaten Seluma pada Kamis malam, 11 Oktober 2018.

Menurut Sekretaris Desa Muara Maras, Zekman Jayadi, desanya merupakan daerah langganan banjir rob.

“Ada 15 rumah yang terendam, namun untuk jalan raya tergenang banjir rob baru kali ini,” terang Zekman.

Disebutkan, jalan raya sepanjang 20 meter di desanya yang menghubungkan Bengkulu Selatan – Bengkulu pada Kamis malam terendam air laut dengan ketinggian air mencapai 10 cm.

Selaku sekretaris desa, pihaknya telah berulang kali mengajukan proposal penangulangan banjir rob ke Dinas PUPR, namun hingga saat ini belum juga direalisasi.

“Sudah ada pengerjaan tanggul penahan ombak dari Desa Katapang Baru – Muara Maras, namun tanggul penahan ombaknya belum sampai ke desa Muara Maras,” jelasnya.

Selaku pemerintahan desa, dirinya berhadap proses pembangunan penahan ombak tersebut dilanjutkan.

“Di Ketapang Baru sebelum ada penahan ombak desa itu juga langganan banjir rob. Semoga proyek tersebut segera dilanjutkan dan pengerjaannya dimulai dari Desa Muara Maras supaya persoalan banjir rob teratasi,” ujar Zekman.

Tidak hanya persoalan banjir rob, di ujung desa Muara Maras juga terdapat aliran sungai yang alur pintu muaranya setiap saat tertutup oleh batu dan pasir.

Untuk membuka pintu muara tersebut, warga selalu bergotong royong agar banjir dari meluapnya air sungai tidak menggenangi pemukiman warga.

“Jadi kami mengajukan 2 proposal yakni untuk pemasangan penahan ombak dengan pemasangan siring di aliran sungai hingga tembus ke bibir muara, namun telah bertahun-tahun belum juga terealisasi” tandas Zekman. (azm009)

gerbang 86

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *