Bangun Kemandirian, JAMAN Kembangkan Ternak Lebah Madu di Kabupaten Seluma Bangun Kemandirian, JAMAN Kembangkan Ternak Lebah Madu di Kabupaten Seluma
GerbangBengkulu – Ketua Jaringan Kemandirian Nasional (Jaman) Kabupaten Seluma Zeston Jayadi mengunjungi Sekretariat Bonsai Kelapa Bengkulu (BKB), di Jalan Irian Kota Bengkulu, tepatnya di... Bangun Kemandirian, JAMAN Kembangkan Ternak Lebah Madu di Kabupaten Seluma

GerbangBengkulu – Ketua Jaringan Kemandirian Nasional (Jaman) Kabupaten Seluma Zeston Jayadi mengunjungi Sekretariat Bonsai Kelapa Bengkulu (BKB), di Jalan Irian Kota Bengkulu, tepatnya di depan Mako Brimob Bengkulu, Sabtu 25 Juli 2020.

Berbincang dengan Dang Dul, Ketua BKB, Zeston menyampaikan jika kunjungannya ini untuk menggali potensi ekonomi kreatif yang akan dikembangkan oleh lembaga yang dinaunginya.

“Kita berdiskusi dengan Dang Dul dan belajar tentang cara budidaya bonsai untuk dikelola sebagai salah satu cara meningkatkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19,” ujar Zeston.

Nantinya, proses pembuatan bonsai ini akan dikembangkan oleh pengurus Jaman dan disosialisasikan ke masyarakat, khususnya bagi warga Kabupaten Seluma.

Panen madu Lebah Apis cerana di Desa Air Periukan, Kabupaten Seluma

Selain itu, ungkap Zeston, pihaknya telah menjajaki untuk melakukan budidaya lebah madu yang dinilai sangat potensial untuk dikembangkan bagi masyarakat kawasan hutan.

“Kita juga telah melakukan silaturahmi dengan pembudidaya lebah madu, dan telah membuat rencana untuk membuat penangkaran lebah madu di sejumlah desa di Kecamatan Lubuk Sandi,” jelasnya.

Dengan ketersedian bibit lebah jenis Apis cerana dan Trigona atau lebah klanceng yang melimpah di alam liar, ujar Zeston, dirinya optimis budidaya lebah madu akan mampu menumbuhkan ekonomi kreatif bagi masyarakat pedesaan.

“Doakan semoga rencana yang kami susun dapat berjalan dengan baik, mohon dukungan dari semua pihak agar potensi lebah madu dapat segera kita budidayakan di desa binaan kami,” tandasnya. (**)

Admin 93

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *