Balai KSDA Bengkulu Lakukan Pelepasan Puluhan Satwa Dilindungi di Hutan Konservasi Balai KSDA Bengkulu Lakukan Pelepasan Puluhan Satwa Dilindungi di Hutan Konservasi
GerbangBengkulu – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu melaksanakan pelepasan puluhan satwa dilindungi di kawasan hutan konservasi Taman Buru Semidang Bukit Kabu, pada... Balai KSDA Bengkulu Lakukan Pelepasan Puluhan Satwa Dilindungi di Hutan Konservasi

GerbangBengkulu – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu melaksanakan pelepasan puluhan satwa dilindungi di kawasan hutan konservasi Taman Buru Semidang Bukit Kabu, pada Rabu, 4 Maret 2020.

Kepala Balai KSDA Bengkulu, Donal Hutasoit, menyatakan bahwa pelepasliaran satwa kembali ke habitatnya di alam ini merupakan salah satu bentuk upaya Kementerian LHK mengembalikan fungsi kawasan beserta seluruh potensi ekosistem di dalamnya.

Dalam kata sambutannya, Donal menyampaikan, satwa liar tidak boleh diganggu karena memiliki peran penting bagi lingkungan.

Dipaparkan, burung membantu proses penyerbukan bunga menjadi buah, menyebarkan biji untuk menumbuhkan tanaman di hutan, juga mengendalikan hama seperti tikus dan serangga yang menjadi hama pertanian.

“Siamang dapat memancarkan biji-bijian dari sisa buah yang dimakan dan menyebarkan ke tempat yang lain,” tegas dia.

Selain itu, Donal mengapresiasi peran masyarakat dan Polda Bengkulu, karena puluhan satwa yang dilepaskan ini merupakan hasil penyerahan langsung dari masyarakat dan hasil Operasi Wanalaga yang digelar Polda Bengkulu dan jajaran.

Jenis satwa yang dilepasliarkan meliputi 46 ekor burung berbagai jenis dengan 2 ekor primata jenis siamang.

Sebelum dilepaskan di habitat alam, puluhan satwa tersebut menjalani pemeriksaan kesehatan dari dokter hewan. Terpantau, puluhan satwa tersebut diambil sampel darah, tinja atau fesesnya oleh tim dokter dari Balai Karantina Pertanian Provinsi Bengkulu.

Di ujung acara, secara simbolis para tamu undangan diajak melakukan pelepasan satwa ke habitat alam di Taman Buru Semidang Bukit Kabu. (azm009)

Admin 93

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *