Akses Jalan Sindang Kelingi-Sindang Dataran Sudah Dapat Dilalui Kendaraan Akses Jalan Sindang Kelingi-Sindang Dataran Sudah Dapat Dilalui Kendaraan
GerbangBengkulu – Akses jalan provinsi di Kabupaten Rejang Lebong yang menghubungkan Kecamatan Sindang Kelingi dengan Kecamatan Sindang Dataran sudah dapat dilalui kendaraan pada Kamis,... Akses Jalan Sindang Kelingi-Sindang Dataran Sudah Dapat Dilalui Kendaraan

GerbangBengkulu – Akses jalan provinsi di Kabupaten Rejang Lebong yang menghubungkan Kecamatan Sindang Kelingi dengan Kecamatan Sindang Dataran sudah dapat dilalui kendaraan pada Kamis, 7 Maret 2019, sekira Pukul 13.00 WIB.

Longsor sebelumnya terjadi di Desa IV Suku Menanti, Kecamatan Sindang Dataran.

Seluruh badan jalan tertimbun material longsor. Tebing yang memiliki kemiringan 90 derajat yang berada di sisi jalan dilaporkan longsor pada Rabu (6/2) pagi, sekira Pukul 06.00 WIB.

Pada Pukul 15.00 WIB, Rabu sore, longsor dilaporkan kembali terjadi di lokasi yang sama.

Untuk menyingkirkan material longsoran, Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rejang Lebong sejak kemarin langsung menurunkan alat berat ke lokasi.

Petugas BPBD yang dibantu masyarakat, relawan desa siaga bencana, anggota Kodim 0409 Rejang Lebong serta dari pihak Kepolisian saling bahu membahu menyingkirkan material longsor sejak kemarin.

Material longsor dilaoorkan berhasil disingkirkan sekira Pukul 13.00 WIB, Kamis siang.

“Yang paling berat adalah menyingkirkan tunggul akar pohon bambu dan aren yang menutupi jalan,” kata Kepala BPBD Kabupaten Rejang Lebong, Basuki, saat ditemui di lokasi.

Dijelaskan, tingginya intensitas hujan yang mengguyur kawasan itu sejak sepekan terakhir diduga kuat menjadi pemicu longsor.

Hal itu menyebabkan tekstur tanah di lokasi menjadi labil dan memicu terjadinya tanah longsor.

Disampaikan, untuk jangka panjang pihaknya akan mencari solusi dengan instansi dan dinas terkait, karena jalan yang longsor kewenangannya berada di Provinsi Bengkulu.

“Mewakili pemerintah daerah, mengucapkan terima kasih pada anggota Kodim 0409 Rejang Lebong, Brimobda Bengkulu, Polres Rejang Lebong, para relawan dan warga yang non stop membersihkan longsor,” tutup Basuki. (azm001)

Admin 93

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *