Akibat Aksi Pencurian, Satu Unit Tower Sutet PLTU Pulau Baai Roboh Akibat Aksi Pencurian, Satu Unit Tower Sutet PLTU Pulau Baai Roboh
GerbangBengkulu – Satu tower sutet (saluran udara tegangan ekstra tinggi) yang terletak di Desa Air Kemuning, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Seluma yang ditemukan roboh pada... Akibat Aksi Pencurian, Satu Unit Tower Sutet PLTU Pulau Baai Roboh

GerbangBengkulu – Satu tower sutet (saluran udara tegangan ekstra tinggi) yang terletak di Desa Air Kemuning, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Seluma yang ditemukan roboh pada Selasa (8/1) pekan lalu, ternyata akibat aksi pencurian di tower tersebut.

“Enam pelaku yang terlibat dalam tindak pencurian material tower telah diamankan petugas kepolisian,” jelas Kapolres Seluma I Nyoman Mertha Dana melalui Kabag Ops AKP Chusnul Qomar, Minggu 13 Januari 2019.

Petugas berhasil mengamankan otak pelaku pencurian dengan inisial AL alias Icik (28) bersama lima remaja lain, yakni FB (16), RD (16), S (16), R (16) dengan DA (17), kesemuanya adalah warga Kecamatan Sukaraja.

Sementara itu, Kapolsek Sukaraja Iptu Noviaska menambahkan, petugas saat ini tengah memburu seorang pelaku lain yang disebut terlibat dalam aksi pencurian itu.

“Pelaku yang diburu ini berperan sebagai penjual material hasil curian,” jelas Noviaska.

Otak pelaku pencurian ini adalah Icik dengan AN pelaku yang sedang diburu petugas.

Disebutkan, para remaja yang masih duduk di bangku sekolah menengah pertama ini terlibat dalam tindak pencurian. Remaja ini berperan memungut sisa-sisa material hasil pencurian yang ditinggalkan oleh pelaku Icik dengan AN.

“Dari keterangan mereka, yang menjual material baja hasil curian adalah AN kepada pembeli barang bekas keliling,” tutur Noviaska.

Diketahui, mereka telah beraksi di sejumlah tower sutet dengan mengambil sambungan pelat baja di bagian kaki tower sutet.

Dari hasil pengecekan mereka melakukan aksi pencurian di titik 44 di Kelurahan babatan, titik 48,49,52,53 Desa Air Petai dengan di
titik 54, 55, 56 dan 57 di Desa Padang Kuas.

Terbongkarnya perbuatan para pelaku ini diketahui, setelah satu tower sutet yang berada di perbatasan antara Desa Padang Kuas dengan Air Kemuning roboh.

Setelah dilakukan pemeriksaan dari tower sutet yang roboh, diketahui ternyata sejumlah materialnya hilang dicuri.

Ditambahkan oleh Kapolsek, untuk kelima pelaku yang masih dibawah umur, penyidik telah berkoordinasi dengan Bapas untuk dilakukan diversi.

Jaringan tower sutet yang roboh itu merupakan instalasi dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di kawasan Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu.

Tower sutet tersebut dibangun oleh perusahan PT Energi Indonesia Persada. (azm009)

Admin 93

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *